Wednesday, September 16, 2020

GREEN SMOOTHIES, CARA LAIN MAKAN SAYUR

 


Selain berjalan pagi secara rutin empat bulan ini, aku juga mempunyai rutinitas lain yaitu rajin membuat dan minum green smoothies untuk sarapan. Green smoothies adalah minuman yang terbuat dari beberapa jenis sayuran mentah dan buah yang dicampur dengan cara diblender. Karena kebanyakan warna sayurannya hijau jadi disebut green smoothies. Kalau jadi warna lain boleh deh diganti jadi red smoothies atau white smoothies hahaha

Awalnya membuat green smoothies karena  sering merasa kelelahan, mudah sakit flu, dan sering sembelit.  Kemudian sering baca-baca postingan di instagramnya Bu Putu di @rainbowofmylife. Di sana banyak sekali penjelasan pentingnya makan sayur dan mengubah isi piring untuk hidup lebih sehat, produktif, dan bahagia. Banyak penyakit yang sembuh dengan membenahi pola makan dan mengubah isi piring kita lho. Aku rutin jalan pagi juga karena terinspirasi dari beliau juga. Ketahuan deh kalau aku memang masih sedikit makan sayur. Sayur hanya sebagai pelengkap saat makan berat. Itupun tidak seberapa porsinya. Setelahnya, aku bertekad mulai rajin makan sayur mentah dan matang yang banyak biar tubuhku lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan membuat green smoothies. Makan sayur dengan cara lain. Dengan meminumnya!

                           Red Smoothies. Bit, bengkuang, wortel.
 

Sekarang setiap pagi aku membuat satu gelas smoothies untuk sarapan. Biasanya kubuat dari dua atau tiga jenis sayur. Sayuran ini bisa kangkung, bayam, sawi, kale, selada, seledri, timun dan apa saja yang bisa kudapatkan dengan mudah. Kutambah dua sendok makan minyak kelapa (Virgin coconut oil) dan satu  sendok makan air perasan jeruk nipis. Kalau pas ada stok buah, aku campurkan juga. Tapi aku jarang sekali memakai campuran buah. Buah itu paling enak dimakan langsung.

                 Pink smoothies. Bayam merah, sawi, pokchoy
 

Hasil sarapan green smoothies selama  ini adalah aku jadi tidak gampang ngantuk di pagi hari.Di badan juga lebih segar. Memang di awal-awal butuh penyesuaian. Aku suka kelaparan setiap jam 9 atau 10 setelah jam 7 pagi  sarapan  green smoothies. Tapi makin ke sini makin terbiasa. Kalaupun lapar, bisa minum air putih atau ngemil buah atau sayuran (mentah) lagi.

Di perut juga lebih enak. Pencernaan jadi lancar. Di kantong juga enak, tidak perlu jajan sarapan lagi. Pakai sayuran stok di kulkas saja sudah cukup kok. Lama-lama sudah tidak pengen makan bubur ayam, lontong sayur atau nasi kuning hahaha..Sambil menulis ini, aku jadi sadar kalau sudah empat bulan ini tidak sakit flu. Alhamdulillaah…

            White Smoothies. Bengkuang, jahe, selada putih.

Rasanya green smoothies itu bagaimana? Jujur…Ngggak enak hahaha. Tentu saja lebih enak minum thai tea atau kopi susu. Tapi meskipun tidak seenak minuman kekinian, karena aku sudah merasakan sendiri manfaatnya, aku rela kok minum green smoothies setiap pagi. Lama-lama jadi enak dan makin menyenangkan membuat variasi smoothies. Membuat smoothies dengan campuran buah beku juga salah satu cara jitu agar rasanya lebih enak. Dicampur  air kelapa beserta daging kelapa muda juga bisa membuat smoothies jadi berkali lipat lebih sedap.

Jadi, tertarik membuat green smoothies besok?

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day10

3 comments:

  1. Aku suka nganguk di pagi hari dan sering flu. Saya akan sering makan sayur lagi.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Share