Sunday, September 13, 2020

PANGSIT KUAH

 

Daging ayam termasuk bahan makan yang paling sering ada di kulkasku. Mungkin karena paling mudah dimasak dengan banyak variasi. Digoreng tepung, digeprek, opor, ayam kecap ataupun sop. Kalau sedang ingin mencoba variasi lain olahan ayam, aku selalu membuat pangsit kuah. Memang agak repot saat membuat adonan dan melipat pangsitnya. Tapi percayalah, rasanya enak sekali.

Tipsnya, pastikan kulit pangsitnya bagus. Aku pernah beli di supermarket yang harganya 25 ribu tapi tidak cocok dibuat pangsit kuah. Akhirnya kembali ke pangsit langganan harga 10 ribu yang kubeli di pasar. Lentur dan tidak mudah sobek, Direbus atau digoreng sama-sama enak. Isinya satu pack sekitar 25 lembar pangsit segi empat. Yuk ah, mari kita lihat bahan dan cara pembuatannya.

Bahan Pangsit:

  • 250 gr ayam fillet
  • 100 gr udang kupas
  • 1 butir telur
  • 2 sdm minyak wijen
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdt garm
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 75 gr labu siam parut
  • 100 gr tepung tapioca
  • 1 batang daun bawang,iris halus
  • Kulit pangsit secukupnya

Cara Membuat :

  1. Haluskan ayam dan udang
  2. Campur semua bahan bumbu dan tepung
  3. Ambil satu sendok makan adonan, isi ke dalam kulit pangsit, lipat, Lakukan sampai habis
  4. Didihkan air dan sdikit minyak. Rebus pangsit sampai mengapung.
  5. Angkat dan tiriskan

Bahan Kuah:

  • 3 siung bwang putih cincang
  • 1 liter kaldu ayam
  • Satu ruas jahe geprek
  • Gula, garam, dan merica secukupnya

 Cara Membuat :

  1.  Didihkan kaldu
  2. Tumis bwang putih dan jahe sampai harum.
  3. Masukkan tumisan bawang putih ke dalam kuah kaldu
  4. Beri gula, garam dan merica. Koreksi rasa
  5. Sajikan bersama pangsit rebusnya

 Sambal Pelengkap :

  • 5 buah cabe rawit
  • 5 buah cabe merah
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih

      (Rebus semua bahan, uleg dan sajikan)

 

Dimakan panas-panas dengan sambal pedas nikmat sekali. Kalian juga bisa menambahkan kentang rebus dan sayuran sepertiku. Selamat mencoba ya...

 

 

#OnedayOneaPost

#ODOP

#Day7

21 comments:

  1. Jadi pengen makan....
    Tapi males bikinnya hahahaa

    ReplyDelete
  2. Wah, pagi-pagi baca resep masakan. Jadi pengen makan pangsit kuah buat sarapan ini. Seger.

    ReplyDelete
  3. Wah mau coba praktekin dong. Makasih ya kak. Kayak nya laziz banget ini

    ReplyDelete
  4. Wah, kayaknya boleh nih buat dicoba. Makasih, Mbak resepnya. Informatif sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kak. Ayo dicoba bikin. Gampang kok

      Delete
  5. Mampir kesini pengen sensasi membayangkan pangsit kuahnya dulu wkwk ... buatnya nanti dulu

    ReplyDelete
  6. Asyiknya buat sendiri itu rasanya lebih mantuls. Tapi ribeeet, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat sendiri juga bisa jadi banyaak. Ribet dikit kok Kak. Bikin yuuuk

      Delete
  7. Mau coba ah resepnya... Kayaknya anakku bakal doyan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak yang di sini doyan sih. Habis banyak malah hehe

      Delete
  8. Suka banget pangsit, dua Minggu lalu sempet bikin tapi resep sendiri dan agak ngasal...mau coba ah, pake resep ini

    ReplyDelete
  9. Suka banget pangsit, nanti bikin pake resep ini ahh..

    ReplyDelete
  10. aku paling suka sama pangsit kuah nih, duh enak banget kalo maemnya sambil bareng sama mi bakmi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. pangsitnya digoreng trs dimaem sama bakmi. Duh, enak ituuu

      Delete
  11. wah...langsung pengen praktek masak

    ReplyDelete

Share