Wednesday, September 30, 2020

SEPTEMBER RECAP

 


Teman-teman, ada yang sepertiku yang setiap bulan membuat rangkuman bulanan ?

Setiap akhir bulan seperti ini, aku membuat rangkumam pencapaianku dalam satu bulan. Alasannya adalah untuk mengetahui apa yang sudah kulakukan sebulan ini dan apa yang bisa kuperbaiki untuk bulan depan. Biasanya aku membuat semacam pranala sederhana dan menuliskannya di buku jurnal. Tapi kini, aku mulai membiasakan diri untuk membaginya di grup WhatsApp bersama teman-teman terdekat lain untuk saling mengingatkan dan menyemangati.

Tidak harus detil,  tapi secara garis besar ada beberapa poin penting yang selalu kurangkum setiap bulannya yaitu :

1.     Ibadah

Dalam satu bulan ini, ibadah mana yang masih bolong-bolong dan harus kuperbaiki bulan oktober nanti? Apa sebulan ini shalatku sudah di awal waktu? Apa aku sudah menyediakan waktu untuk membaca Al Quran dan mempelajarinya? Apa aku sudah rutin mengikuti kajian dan benar-benar menerapkan ilmunya?

 2.   Karya

Apa hal baru yang kupelajari? Apakah sudah kumanfaatkan dengan sebaik-baiknya? Bulan september ini aku belajar tentang editing video sederhana menggunakan handphone  dan belajar menggunakan aplikasi canva untuk membuat ilustrasi. Bulan september ini juga menjadi luar biasa karena dengan mengikuti One day One Post, aku jadi bisa rutin membuat karya setiap hari dengan menulis di blog.

 3.   Kesehatan

Bulan ini, olahragaku masih banyak bolongnya. Jalan pagi dan workout, belum rutin kulakukan. Apa sebabnya? Apa yang bisa kulakukan agar bulan oktober nanti bisa kutingkatkan progresnya?

4.     Proyek Kebaikan

Apa proyek kebaikan bersama dan pribadi sudah kulakukan di bulan september? Apa yang bisa kuperbaiki dalam melaksanakanya?  Ini juga yang jadi patokan membuat proyek kebaikan bulan depan. Selalu ada alasan untuk terus berbuat baik kan?                                     

5.     Syukur

Bulan september, hal-hal apa yang membuatku bersyukur? Bulan ini, banyak kemudahan luar biasa yang kuterima. Bersyukur aku mempunyai teman-teman yang selalu membantuku bahkan sebelum kuminta, bersyukur atas nikmat sehat bagi keluarga dan orang-orang tersayang, bersyukur atas waktu yang Allah berikan, bersyukur untuk tetap diberikan kekuatan sampai sekarang.

 6.   Pelajaran Berharga

Apa pelajaran penting yang kudapat bulan ini? Tentang waktu. Terasa sekali waktu 24 jam sehari kurang bagiku. Masih merasa kekurangan waktu dalam melaksanakan banyak hal. Padahal itu hanya karena manajemen waktuku yang payah. Apalagi salah satu tema kajian yang kuikuti minggu lalu adalah tentang pentingnya kita menggunakan waktu untuk mencari sebanyak mungkin bekal di akhirat nanti. Berasa makin jleb pelajarannya. Bulan depan harus lebih memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

 

Membuat rangkuman seperti ini, membantuku  mengetahui apa yang harus kuperbaiki dari diri sendiri. Bukankah hari esok harus lebih baik dari hari ini? Hari esok mungkin juga tidak sempurna, tapi paling tidak, aku terus berproses untuk memperbaiki diri. Dari hari ke hari.

Akhirnya, bulan september ini seru dan menyenangkan. Banyak hal baru yang kupelajari, karya yang kubuat, dan banyak sekali hal yang bisa kujadikan alasan untuk terus bersyukur. Alhamdulillaah. Ada juga kejutan manis yang terjadi di bulan ini dan semoga bulan oktober nanti akan semakin banyak hal-hal baik yang terjadi. Aamiin. 

 

September, thank you!

October, welcome. Please be nice to me 😍

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day24

 

No comments:

Post a Comment

Share