Saturday, October 31, 2020

CINCAU JELLY, ENAK DAN KAYA MANFAAT

 


Alhamdulillah, pagi ini aku panen daun cincau jelly untuk pertama kalinya. Sebenarnya, pohon cincaunya masih kecil, tapi daunnya sudah banyak dan mulai merambat kemana-mana, jadi aku panen saja sekalian. Aku membeli bibit pohon cincau jelly ini kurang lebih enam bulan yang lalu. Kutanam di pot dan menurutku tumbuhnya lambat sekali, baru akhir-akhir ini kulihat mulai ada daun-daun baru yang sudah merambat ke pagar.

Sebelum punya pohon cincau jelly ini, aku pernah menanam cincau perdu. Kalau cincau jelly jenis tanaman merambat, cincau perdu batangnya berkayu dan tipe tumbuhnya merimbun. Daunnya juga berbeda. Cincau jelly daunnya berbentuk perisai atau jantung, kecil dan licin, sedangkan cincau perdu daunnya lebih lebar dan kaku. Sayangnya cincau perdu milikku mati sebelum aku sempat memanen daunnya. 

Selain cincau perdu dan cincau jelly, ada satu jenis cincau lagi yang biasa tumbun di Indonesia yaitu cincau hitam. Cincau hitam juga banyak jenisnya. Biasanya cincau hitam dikenal dengan sebutan pohon janggelan. Pohon ini memiliki batang yang ramping, bentuk daunnya lonjong berujung runcing dan bergerigi.

Sementara itu, beberapa manfaat  cincau adalah :

1.       Mencegah kanker Kulit

2.       Mencegah kanker usus

3.       Mengobati panas dalam

4.       Penurun tekanan darah tinggi

5.       Memerangi penyakit jantung

Kembali ke pohon cincau jelly milikku. Karena aku suka beli es cincau hijau di jalanan dan kemudian ingin bisa bikin sendiri, aku memang bertekad menanam cincau jelly di rumah. Untuk perawatannya,pohon  ini termasuk mudah dirawat. Aku hampir tidak pernah melakukan perawatan yang luar biasa. Hanya menyiramnya setiap hari dan memberi tambahan pupuk kandang kalau tanahnya sudah  mulai berkurang. Tanaman cincau jelly akan lebih maksimal pertumbuhannya jika ditanam di tanah langsung. 

Pohon cincau jelly yang kutanam di pot dan kurambatkan di pagar
 

Nah, untuk panen daun cincau jelly,  aku mengambil daun yang sudah tua dan lebar. Daun ini lebih kaku dibanding daun mudanya. Tadi pagi aku mengambil sekitar 50 daun cincau jelly yang sudah tua. Siap untuk kujadikan cincau. Ini dia cara pembuatannya.

daun cincau yang sudah tua
 

1.     Cuci Bersih daun cincau. Aku mencucinya dua kali menggunakan air kran (airku PDAM). Kemudian di pencucian terakhir, aku mencucinya dengan air matang.

2.      Siap untuk memeras daunnya. Caranya, siapkan air matang sekitar 500 ml air dan mulai remas-remas daun cincau jellynya dengan dituangi air sedikit demi sedikit.

3.       Lakukan terus sampai daun cincau nya berubah warna menjadi pucat.

4.       Saring air remasan cincau dengan saringan halus. Lakukan dua kali jika diperlukan.

Cincau jelly setelah kudiamkan di kulkas selam 3 jam

5.       Cetak ke dalam wadah dan dinginkan minimal dua jam.

 

 

Tekstur cincau jelly yang lembut

Cincau jellynya sudah jadi. Warnanya hijau pekat dan mengkilap. Teksurnya berbeda dengan agar-agar atau jelly pabrikan ya. Cincau ini lembut, licin dan tidak terlalu kenyal. Setelah cincaunya jadi, saatnya kita membuat minuman segarnya. Cincau ini sebenarnya bisa dikonsumsi begitu saja. Ditambahkan air dan madu juga sudah enak. Tapi, karena aku suka repot, tentu saja aku menambahkan bahan-bahan lain agar lebih mantap.  Apa yang kubuat dari cincau jelly hari ini?

 

ES CINCAU SANTAN GULA AREN

Es Cincau Santan Gula Aren
 

Ini jenis minuman sehat yang menyegarkan. Aku menggunakan santan segar tanpa dimasak dulu. Santan segar punya banyak manfaat dan jauh lebih sehat dibanding santan yang melalui proses pemanasan. Untuk pemanisnya, aku menggunakan  gula aren yang kuberi air dan kumasak sampai larut dan mendidih. Cara menyajikannya adalah dengan menuang santan, gula aren, dan cincau ke dalam gelas. Beri tambahan es batu. Agar makin enak, tadi aku menambahkan potongan nangka ke dalamnhya. Duh, rasanya  enak banget.

 

ES KOPI SUSU CINCAU

Es Kopi Susu Cincau

Mumpung masih ada sisa cincau, aku mencoba membuat minuman lain. Kalau ini tidak terlalu sehat ya karena ada tambahan susu kental manis yang banyak mengandung gula. Caranya hanya dengan menyeduh kopi hitam, tambahkan susu kental manis satu sachet dan tambahkan air secukupnya. Masukkan cincau sesuai selera. Tambahkan es batu dan siap diminum. Enak.

Pengalaman pertama panen dan membuat cincau jelly sendiri hari ini menyenangkan. Jadi makin semangat merawat tanaman kaya manfaat ini. Kalau begini sih jadi kepikiran menambah satu pohon cincau lagi di rumah. Biar makin banyak daun yang bisa dipanen. Teman-teman, ikut menanam pohon cincau juga yuk di rumah..

 

Referensi : https://health.kompas.com/read/2020/05/09/172800668/5-manfaat-cincau-obati-panas-dalam-hingga-cegah-kanker?page=all


#OneDayOnePost

#ODOP

#Day55

No comments:

Post a Comment

Share