Saturday, October 3, 2020

KUE LUMPUR KENTANG

 

Siapa yang suka kue lumpur? Kue lumpur termasuk jajanan tradisional yang disukai banyak orang termasuk aku. Bentuknya bundar kecil dan teksturnya lembut. Kue lumpur ini biasanya terbuat dari campuran tepung dan kentang. Selain kentang, bahan lain yang bisa digunakan adalah ubi dan labu.

Untuk topping, jika bosan menggunakan kismis, bisa menggunakan chocochip, kelapa muda atau keju. Aku juga pernah melihat ada kue lumpur yang toppingnya ayam dan abon sapi. Jadi ternyata, kue lumpur bisa juga dikombinasikan dengan topping asin dan gurih.

Adonan kue lumpur juga bisa ditambahkan pasta pandan untuk mendapatkan warna hijau dan aroma pandan yang harum. Atau bisa juga menggunakan ubi ungu untuk mendapatkan warna ungu alami yang cantik.

Membuat kue lumpur mudah dan cepat. Hasilnya juga banyak. Mau mencoba membuat kue lumpur sepertiku? Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

250 gr  kentang kukus, haluskan

250 ml santan

100 gr  gula pasir

1 butir telur utuh

1 butir kuning telur

½ sdt vanili

50 gr margarin cair

½ sdt garam

Kismis untuk topping

Tambahan : pasta pandan.

 

Cara Membuat :

Kocok gula dan telur hingga mengembang, masukkan garam dan vanili

Tuangkan santan, aduk rata

Masukkan kentang dan terigu secara bertahap. Aduk rata.

Masukkan mentega cair. Aduk rata.

Beri dua tetes pasta pandan jika ingin membuat kue lumpur pandan

Panaskan cetakan, olesi dengan mentega

Tuang adonan sebanyak ¾ penuh. Tutup hingga setengah matang.

Beri  topping, tutup hingga matang

Angkat dan sajikan.

 

Silakan mencoba teman-teman…

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day27

24 comments:

  1. Awalnya kurang suka sama kue ini. Tapi lama2 suka hehehe saking seringnya ketemu.
    Terima kasih resep nya bunda:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak. Dulu aku juga nggak suka, sekarang doyan banget hehehe

      Delete
  2. Terima kasih resepnya, Kak..

    ReplyDelete
  3. Wahh ini salah satu kue kesukaan saya juga ini. Makasih buat resepnya kak

    ReplyDelete
  4. Kenapa dinamain kue lumpur ya, padahal bentuknya cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena teksturnya lembut kak. Mungkin tapi hahaha

      Delete
  5. Wah resepnya bikin mupeng kak, harus coba buat nih. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Wah. Jadi pengin coba bikin. Terima kasih reswpnya, Kak. 🙏😊

    ReplyDelete
  7. oh inituh namanya kue lumpur. selama ini suka banget, tapi gatau namanya wkwk

    ReplyDelete
  8. Suka banget sama kue ini, gak cukup 2 buah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kerasa udah makan lima kalau aku #eh hahaha

      Delete
  9. Mbaak...aku jadi kepingin lumpur juga...hehehehe

    ReplyDelete
  10. fixed .. besok langsung bikin ini hehehe. Walau pakai cetakan kue muffins heuheu

    ReplyDelete

Share