Saturday, November 7, 2020

CONDENSED MILK POUND CAKE

 


Hai hai..Ketemu lagi di blogpost sabtu resep. Hari ini aku membuat cake lagi sepulang kerja. Sudah lama aku tidak membuat dan makan cake bikinan sendiri. Kemarin  aku menemukan satu kaleng susu kental manis di lemari dapur yang ternyata tanggal kedaluwarsanya sebentar lagi. Segera dong  nyari resep makanan atau minuman yang menggunakan susu ini. Hasil pencairan resep kebanyakan mango sago yang sedang terkenal akhir-akhir ini karena lagi musim mangga. Mau bikin juga ternyata tidak punya  sagu mutiara di rumah, jadi mango sago nya ditunda besok saja hahaha

Kemudian ketemu resep condensed milk pound cake di feed instagramnya mba @fridajoincoffee. Sebenarnya banyak juga resep lain, tapi setelah kubandingkan, aku memilih resep ini karena kelihatannya paling mudah. Bukan kelihatannya deh, memang mudah kok. Tidak  terlalu rumit seperti membuat cake lain. Resep yang kutulis di sini sudah kumodifikasi sedikit dari resep aslinya.

Oh iya, sesuai judulnya, cake ini adalah salah satu jenis pound cake. Sebelum mulai mengulik resep, kita belajar dulu tentang jenis-jenis kue yuk. Dilihat dari teksturnya, cake dibagi menjadi dua yaitu foam cake dan butter cake.  Foam cake bertekstur ringan dan lembut, sedangkan butter cake cenderung padat dan berat. Foam cake ini contohnya adalah sponge cake dan chiffon cake.

Pound cake seperti condensed milk cake ini termasuk dalam jenis butter cake yang ciri-cirinya bertekstur padat dan berpori kecil. Selain teksturnya, perbedaan butter cake dan foam cake adalah di cara pembuatan terutama di bagian pengocokan telur.

Sponge dibuat dengan cara melakukan pengocokan kuning telur dan putih telur secara terpisah. Cara ini membuat cake menjadi lebih lembut. Contoh cara pengocokan telur seperti ini bisa dilihat di resepku  cake tape pandan keju. Untuk pound cake, telur tidak perlu dipisah terlebih dahulu, Pengocokan dilakukan secara bersamaan telur utuhnya. Kuning dan putih telur dikocok langsung ke dalam adonan gula dan lemak.

Dari sisi bahan-bahan, sponge cake hanya butuh tiga bahan utama yaitu telur, tepung terigu dan gula. Sedangkan pound cake menggunakan 4 bahan dalam pembuatannya yaitu telur, tepung terigu, gula dan mentega. Semakin banyak mentega atau lemak yang digunakan, tekstur cake akan semakin padat dan berat.

Sekarang, mari kita lihat resepnya!

 

CONDENSED MILK POUND CAKE

Sumber : @fridajoincoffee

 

Bahan :

100 gr gula pasir halus

230 gr margarin

3 butir telur

150 ml susu kental manis

175 gr tepung terigu protein sedang

½ sdt baking powder

½ sdt garam

1 sdt ekstrak vanilla

Topping : Kacang kenari

 

Cara Membuat :

  1. Siapkan Loyang yang sudah dioleh margarin dan ditaburi tepung terigu
  2. Kocok gula dan margarin hingga putih dan mengembang
  3. Masukkan telur secara bertahap. Kocok dengan kecepatan rendah.
  4. Tambahkan susu kental manis, kocok hingga rata.
  5. Masukkan tepung terigu, baking powder, garam yang sudah diayak terlebih dahulu
  6. Beri ekstrak vanila
  7. Tuang ke dalam loyang, taburi kacang kenari
  8. Panggang hingga matang (tadi aku sekitar 50 menit)

 


Penggunaan susu kental manis di sini, satu kaleng masih sisa banyak. Aku sengaja mengurangi penggunaan susu kental manis karena khawatir akan kemanisan. Dari satu kalengnya, masih sisa sekitar 100 ml. Teman-teman juga bisa menggunakan susu kental manis dalam bentuk sachet. Diukur saja sesuai resep.

Hasil akhir cake ini adalah padat, buttery, dan manisnya pas. Meskipun menggunakan susu kental manis dalam jumlah banyak, rasa manisnya tidak berlebihan. Karena teksturnya padat, makan dua potong cake ini  sudah berasa kenyang hahaha

Untuk topping, boleh diganti apa saja sesuai selera. Di resep aslinya, mba Frida menggunakan kacang tanah cincang, sedangkan aku menggunakan kacang kenari.  Penggunaan kacang kenari ini membuat cake kalau dipotong menjadi tidak rapi karena bentuk kacangnya lebih lebar. Tapi rasanya enak sekali dan ada sensasi crunchy saat digigit. Topping yang pas untuk cake ini adalah yang gurih karena rasa cakenya sudah manis. Topping keju cheddar parut juga bisa dijadikan pilihan.

Jadi, tertarik untuk membuatnya juga? Buat teman ngopi enak sekali lho hehehe…

 

Referensi : https://resepkoki.id/?s=pound+cake

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day62

No comments:

Post a Comment

Share