ULASAN CERPEN : PELARIAN









Judul : Pelarian

Penulis : Anisa Sustianing



Unsur Intrinsik

Dalam cerpen ini, unsur intrinsik yang terdapat di dalamnya adalah:

Tema : Pelarian seseorang dari rasa bersalah yang menghantuinya.

Tokoh : Mira, Bu Sarah

Alur : campuran (maju mundur)

Setting atau latar : di sebuah terminal bus, di dalam bus AKDP, dan rumah Bu Sarah

Gaya bahasa : gaya bahasa langsung dan retorika

Amanat : pandai-pandailah menjaga diri. Terutama dalam hal berhubungan dengan lawan jenis.



Unsur Ekstrinsik :

Sedangkan unsur ekstrinsik di cerpen ini adalah :

Latar belakang masyarakat : hamil di luar nikah merupakan aon dan dosa besar bagi lingkungan masyarakat.

Latar belakang penulis : penulis cerpen Pelarian adalah salah seorang anggota ODOP Batch 7 yang tinggal di kota Pemalang.

Nilai yang terkandung dalam cerpen : nilai sosial di masyarakat yang menganggap bahwa kehamilan di luar nikah adalah sebuah dosa besar yang membuat malu keluarga.



Ringkasan cerita :


Cerpen Pelarian ini menceritakan tentang perjalanan Mira, seorang perempuan muda yang lari dari rumah. Mira ketakutan telah membuat malu kedua orangtuanya karena sudah melakukan kesalahan fatal yaitu hamil di luar nikah. Apalagi laki-laki yang menghamilinya adalah seseorang yang sudah beristri. Mira bertemu dengan laki-laki itu di tempat kerja. Awalnya Mira memang mengingat pesan orang tuanya untuk menjaga diri, tapi setelah dua tahun laki-laki itu terus mendekatinya, Mira akhirnya luluh dan menyerahkan kehormatannya. Setelah mengetahui dirinya hamil, Mira tidak mau meminta pertanggungjawaban laki-laki itu karena tidak ingin merusak rumah tangga orang lain. Mira memilih lari dan pergi jauh dari semua orang yang dikenalnya. Dalam pelariannya, Mira ditolong oleh seorang dokter baik hati yang bernama Bu Sarah. Mira kemudian tinggal sementara di rumah Bu Sarah, sampai dia mendapat kejutan lain di rumah itu...




#OneDayOnePost

#ODOP

#ODOPChalelnge6

#Day40

Post a Comment

0 Comments