REVIEW BUKU MAWAR KERTAS UNTUK MAMA

 

Mawar Kertas untuk Mama

Hari sabtu kemarin, aku menerima buku Mawar Kertas untuk Mama ini dari penulisnya langsung, Reyhan M Abdurrohman. Aku sudah lama mengenalnya, kami sering bekerja sama dalam beberapa kegiatan komunitas. Saat ini,  kami sedang menggarap sebuah proyek pendampingan menulis untuk anak-anak. Yang aku tahu, dia ini sudah mempunyai banyak karya mulai dari novel, artikel, cerpen, yang tersebar di banyak media. Meskipun begitu, aku belum pernah membaca satupun tulisannya sebelumnya. Jadi buku Mawar Kertas untuk Mama ini adalah pertama kalinya aku membaca karyanya.

Sinopsis Mawar Kertas untuk Mama

Buku Mawar Kertas untuk Mama adalah  sebuah buku kumpulan cerpen karya Reyhan M Abdurrohman. Ada 15 cerita dalam buku ini. Delapan diantaranya dimuat di media cetak pada rentang tahun 2015-2017. Cerita-cerita di dalamnya adalah kisah kehidupan remaja seperti kisah percintaan, persahabatan, dan keluarga. Semunya diceritakan dengan bahasa ringan khas remaja.

Judul Buku : Mawar Kertas untuk Mama

Penulis : Reyhan M Abdurrohman

Penerbit : Reybook Media

Jumlah Halaman : 110 halaman

Genre : Fiksi (Kumpulan Cerpen)

 

Bir Pletok

Egi adalah satu-satunya cowok yan di Jurusan kuliner SMK Pariwisata tempat sekolah Fita. Suatu hari, tiba-tiba Egi mendekatinya dan memintanya untuk mengajarinya membuat bir pletok. Ibu Fita berjualan minuman tradisional tersebut. tentu saja terkejut sekaligus senang sekali. Egi, cowok idola satu sekolahan kini mendekatinya. Angan Fita pun melambung tinggi setelah Egi memboncengnya pulang ke rumahnya untuk membuat bir pletok. Tapi, benarkah Egi menyukai Fita? Atau ada alasan lain?

 

Menjemput Salsa

Lara selalu cemberut setiap Mama menyuruhnya menjemput Salsa, adiknya yang masih TK,  pulang sekolah. Hingga suatu hari Lara bertemu Bryan, cowok keren yang juga sedang menjemput adiknya, Marco. Setelahnya, tentu saja Lara bersemangat ke sekolah Salsa. Sampai kemudian Lara harus mengantarkan Marco ke rumahnya dan mendapat kejutan tentang jati diri Bryan sebenarnya.

 

Satu Syarat Terakhir

Bagas selalu diremehkan oleh teman-temannya hanya karena dirinya adalah seorang kutu buku. Dia tidak punya teman dan selalu menghabiskan jam istirahatnya di perpustakaan. Kemudian datanglah Gusti, anak pindahan yang mengajarinya cara menjadi cowok keren. Berteman dengan Gusti dan David, Bagas berubah menjadi pembangkang dan sering terkena hukuman. Tapi rupanya itu semuanya belum cukup agar Bagas bisa lepas dari cap cupu. Ada satu syarat terakhir yang harus dipenuhi Bagas. Satu syarat yang teramat berat baginya. Syarat apa itu?

 

Anggun Ingin Kurus

Anggun tidak percaya diri karena tubuhnya lumayan berisi. Anggun sudah mencoba beberapa macam diet, tapi selalu gagal. Kali ini dia mencoba diet seperti yang dilakukan Elisa, teman sekolahnya. Diet tersebut adalah diet alpukat. Sayangnya, bukannya makin kurus, berat badan Anggun malah naik lima kilo. Anggun histeris. Kalau Elisa bisa kurus dengan diet alpukat, kenapa Anggun tidak bisa?

 

Badai di Hati Tara

Badai, seorang murid pindahan, telah menjadi ancaman bagi Tara. Sebelum Badai datang, Tara selalu menjadi juara kelas. Namun kedatangan Badai telah menggeser posisi Tara. Mulai saat itu, Tara belajar sangat keras agar bisa merebut kembali juara bertahan di kelasnya. Bagaimana jika Badai pindah sekolah lagi, akankah Tara masih terus semangat belajar seperti dulu?

 

Membeli Rindu

Aira ingin membeli rindu untuk mama papanya. Aira merasa, kedua orang tuanya tidak pernah saling merindukan. Papanya Aira jarang ada di rumah, dan mamanya tidak pernah mencegah kepergian papanya. Hanya saja, ada yang tidak diketahui oleh Aira tentang mama papanya…

 

Mawar Kertas untuk Mama

Mawar adalah bunga kesukaan mamanya. Tapi Anggita sangat membenci bunga tersebut. Bagaimana cara Stevan, cowok yang jatuh cinta pada Anggita mengajarinya agar tidak membenci bunga mawar lagi?

 

 Jas untuk Rengga

Sheeril sangat bahagia ketika mendapati nama Rengga di lintingan kertas undian. Itu berarti Sheeril akan membuatkan Rengga setelan busana untuk tugas semesteran. Busana itu akan dipamerkan dalam acara fashion show di sekolah. Selama ini Sheeril mengagumi cowok itu diam-diam, dan sekarang dia punya alasan untuk dekat dengannya. Sheerilpun membuat busana tersebut sepenuh hati. Sampai kemudian di acara fashion show, Sheeril menjadi sangat marah dan kecewa.

 

Tak Mau Terganti

Onad, cowok manja dari keluarga kaya adalah sahabatku. Kami sering menghabiskan waktu bersama. Tapi sejak Onad melakukan pendekatan kepada sesorang bernama Ari, kami jadi jarang pergi dan ngobrol bareng. AKu jadi penasaran siapa sebenarnya Ari itu. Seperti nama laki-laki. Jangan-jangan Onad itu gay!

 

Sepatu Amira

Amira kelabakan ketika Selfi memakai sepatu Niluh Djelantik. Amira tidak mau ketinggalan fashion masa kini, tapi membeli sepatu tersebut jelas di luar kemampuannya. Bagaimana caranya agar Amira tetap jadi fashionista sejati di sekolahnya? APakah dengan membeli sepatu KW?

 

My Love

Cinta Bella bertepuk sebelah tangan ketika ia melihat di HP Yugo ada tulisan “My Love memanggil…”. Bella sudah sangat berharap Yugo menjadi kekasihnya. Yugo selama ini sangat perhatian kepadanya, tapi ternyata Yugo sudah mempunyai pacar.

 

Gue Bakal Jujur

Ada sebuah rahasia yang Tomi simpan. Dito dan Alex, sahabat-sahabatnyapun tidak mengetahuinya. Apalagi Rara, ceweknya.  Akhirnya Tomi tidak tahan lagi. Dia menceritakan rahasia besar tersebut kepada kedua sahabatnya. Rahasia apakah gerangan?

 

Menunggu Hujan

Nufa berjanji akan pulang di akhir Desember. Itulah sebabnya Mia selalu menunggu bulan Desember tiba. Karena di akhir bulan itu, Nufa, kekasihnya akan datang dari Kalimantan. Nufa orang yang selalu menepati janjinya, jadi Mia percaya.

Cucu Ketua Yayasan

Karin sangat marah pada Antony yang menggagalkan acara terebsarnya. Acara yang sudah dipersiapkan dengan matang oelh Karin dan teman-temannya. Untunglah ada Kak Teguh yang selalu membantunya. Tapi bagaimana jika kemudian Karin mengetahui kalau Kak Teguh dan Antony sama-sama jatuh cinta padanya?

Good Boy

Ferdiebilang kepada Nikma ia ingin menjadi bad boy agar bisa seperti Alex, yang gampang banget dapat pacar. Nikma terkejut saat dia tahu alasan sebenarnya adalah Ferdie ingin menjadi pacar Rosa, si cewek cantik dan popular di sekolah. Saat Rosa lebih memilih Alex, apakah Ferdie masih ingin menjadi bad boy?

 

Buku Ringan yang Menghibur

Meskipun bukan remaja lagi, tapi membaca buku ini membuatku merasa terhibur. Ceritanya mengalir dan ringan, benar-benar hiburan yang menyenangkan membaca satu demi satu cerita di buku ini saat istirahat sepulang kerja atau di akhir pekan yang tenang. Cerita yang paling kusukai adalah Bir Pletok. Tentu saja karena ada bocoran bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bir pletok. Jadi ingin membuat bir pletok sendiri di rumah hahaha...

Bagaimana? Tertarik untuk membacanya juga?

Post a Comment

0 Comments