BERTAHAN DI ODOP BLOGGER SQUAD

Tahun lalu aku mengikuti program One Day One Post kelas blog yang mengharuskan membuat postingan di blog setiap hari. Setiap hari selama lebih dari dua bulan. Sudah sering baca tulisan-tulisan dan keluhanku kan? Kemudian, di awal tahun 2021 ini, aku mengikuti kelas blog lanjutan.

ODOP Blogger Squad

 

Tentang ODOP Bloger Squad 

Blogger Squad ini adalah kelas lanjutan setelah lulus dari seleksi awal ODOP Blogger sebelumnya. Kelas lanjutan ini adalah sebagai wadah belajar tentang materi-materi perbloggingan langsung dari para ahli yang sudah malang melintang lama di dunia blog. 

Materinya apa saja? SEO, keyword, Google Analytics, Google Search Console, dan banyak lagi. Seminggu sekali diberikan materi, diskusi, dan tugas untuk dikerjakan. Materinya yang disampaikanpun keren sekali. Dilengkapi dengan penjelasan serta langkah-langkah yang jelas dan rinci. Aku yang sering tidak sempat menyimak kelas saat materi disampaikan, bisa dengan mudah mengikutinya di lain hari.

Mengapa Mengikuti ODOP Blogger Squad?

Awalnya mengambil kelas lanjutan ODOP Blogger Squad karena aku sadar diri, punya blog sudah 8 tahun tapi tidak pernah kuurus dengan serius. Sedangkan ini, punya kesempatan belajar ngeblog lagi, bukankah sebuah rencana semesa yang teramat sayang untuk dilewatkan?Apalagi jika ingat kembali tulisanku di dua hal penting yang membuatku tetap ngeblog

Dengan mengikuti Blogger Squad ini aku benar-benar belajar dari nol segala macam tentang  perbloggingan. Meskipun tujuan awalku memang blog ini hanya dokumentasi pribadi, tapi kalau bisa bermanfaat bagi banyak orang atau semakin dikenal, kenapa tidak?

Sayangnya, sampai hari inipun aku masih keteteran mengikuti pelajaran di kelas lanjutan ini. Model belajarku yang harus tenang dan fokus, sebulan terakhir hampir tidak bisa kulakukan karena pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Bahkan di akhir pekanpun aku tidak punya waktu banyak karena masih lembur. Bisa dikatakan, perjuanganku bertahan di ODOP Blogger Squad sangatlah berat karena sekarang tidak hanya dituntut untuk menulis postingan bebas, tapi ada tugas khusus setiap minggunya.

Di pekan kedua maret ini, aku bertekad menata ulang jadwal harianku agar bisa mengikuti semua kelas. Termasuk Kelas Blogger Squad ini. Sungguh teramat sayang jika tidak kumanfaatkan sebaik-baiknya belajar di sini karena ada tiga hal penting yang sangat kubutuhkan yaitu :

Ilmu Gratis dari Para Ahli

Oke, selama ini aku mendengar SEO kupikir adalah bahasa tingkat tinggi yang tak akan kujangkau. Tapi di kelas ini, diajari lhoo. Selain itu ada banyak lagi ilmu yang luar biasa. Kami dibimbing langkah-langkah membuat Google Analytics, bagaimana cara riset keywords, belajar SEO. Semuanya gratis. Hanya perlu sabar dan telaten saja memanjat percakapan di grup hahaha

Partner Ngeblog

Teman-teman satu kelas sebenarnya membuat aku insecure karena mereka selalu mengerjakan tugas awal waktu, punya tulisan yang keren-keren, dan traffic blognya sudah luar biasa. Tapi aku mana bisa menyerah begitu saja. Minggu ini mulai akan kuluangkan waktu untuk menata ulang blog dan belajar dari awal lagi. Untukku yang fokusku sering terganggu karena urusan-urusan lain yang menyita waktu, mempunyai partner ngeblog (yang nggak cuma satu) serasa punya tim hore untuk membuatku terus  bersemangat dan tidak mudah menyerah.

Satu lagi yang membuat aku merasa, ini tempat yang tepat buatku belajar adalah dengan mengetahui para coach dan teman-teman yang sering menang lomba blog. Setiap mendapat kabar kemenangan mereka dibagikan di grup, membuatku merasa tertantang untuk mencoba juga seperti mereka. Tentu saja bukan hal mudah. Apalagi aku, yang setiap hari sudah sangat kelelahan urusan pekerjaan dan rumah. Tapi, setiap melihat pencapaian teman-teman soal ngeblog, aku merasa bahagia dan ingin seperti mereka juga.

Konsisten

Konsisten menulis blog itu sangat susah kalau tidak ada tantangannya. Sudah sering aku membuat jadwal tulisan, punya banyak ide di kepala, tapi sering tidak bisa konsisten menuliskannya di blog. Di Odop blogger squad ini, setidaknya ada tugas mingguan yang memaksaku untuk menulis kalau tidak mau dikeluarkan dari grup. Nah loh, aku memang orangnya harus dipaksa dulu seperti itu hahaha

Blog ini, bagaimanapun juga adalah rumah istimewaku. Yang seharusnya memang kujaga dan kurawat sepenuh hati.

Hei, aku, ..terus bertahan ya!

Post a Comment

0 Comments