DUA HAL PENTING YANG MEMBUATKU TETAP NGEBLOG

 

mengapa tetap ngeblog

Tahun ini, tahun ke delapanku ngeblog di sini. Sebelumnya sudah pernah ngeblog, tapi kemudian jadi terlupakan begitu saja. Di cerita berwarna ini, ada begitu banyak hal yang sudah, sedang, dan akan bisa kuceritakan dalam bentuk tulisan. Seperti yang perah pernah kutuliskan, tujuan awal membuat cerita berwarna ini adalah sebagai dokumentasi hidupku dan Aca. Kelak, Aca akan bisa membaca semua yang pernah kami alami. Tapi kemudian, aku juga ingin dia tahu sisi lainku yang belum tentu bisa kuceritakan padanya.

Aku tidak tahu apakah hidupku akan panjang. Apakah aku akan bisa bercerita satu demi satu penggalan kisah yang kualami saat Aca dewasa nanti? Belum tentu. Jadi aku menulis ini, agar saat aku sudah tidak ada di dunia ini, Aca akan tahu, bagaimana aku mengisi hari-hari dan hidupku. Agar kelak, dia juga bisa melakukan hal yang sama, bahkan jauh lebih baik dari aku. Memberi warna dalam cerita hidupnya dan orang lain.

Tapi memutuskan untuk tetap ngeblog itu tidak mudah. Pekerjaan, urusan domestik, dan tantangan-tantangan lain yang sepertinya ada saja yang membuatku ingin menyerah saja. Tapi kemudian, semesta sepertinya terus mengingatkanku karena dua hal penting berikut ini :

belajar sepanjang usia

 

BELAJAR SEPANJANG USIA

Jujur, dengan ngeblog inilah, aku merasa aku bisa terus belajar. Sepanjang usiaku. Karena belajar secara formal di lembaga pendidikan sudah tidak memungkinkan, di dunia perbloggingan ini aku masih bisa terus belajar. Bukan hanya soal menulis, tapi di sini, aku jadi mengenal dunia baru. Berkenalan dengan orang-orang baru dari daerah-daerah lain, membaca blog-blog mereka yang secara tidak langsung juga jadi belajar banyak dari mereka. Menyenangkan. Membuatku merasa untuk terus mencari tahu dan belajar hal baru. Karena makin lama aku merasa masih banyak yang aku belum tahu.

 

apresiasi ngeblog

APRESIASI

Siapa yang tidak suka mendapatkan apresiasi dari orang lain? Kalau aku, ada satu orang saja yang membaca salah satu tulisanku, bahagianya sudah selangit hahaha…Adanya apresiasi dari orang lain, terutama orang-orang terdekatku, sahabat-sahabatku yang dengan komentar-komentar manisnya membuatku merasa bersemangat untuk tetap ngeblog.

Penghargaan lain seperti mendapatkan uang dari ngeblog memang belum kudapatkan. Tapi akhir-akhir ini, sejak ikut Blogger Squadnya ODOP yang memberikan materi perbloggingan lanjutan, mau tidak mau membuka mataku bahwa blog yang dikelola dengan baik dan serius bisa menghasilkan uang. Sebelumnya aku sama sekali tidak pernah memikirkannya. Tapi bukankah hidup memang harus terus bergerak maju? Aku tidak boleh diam di tempat dan tidak kemana-mana. Demikian juga blog ini. Sudah saatnya aku memberi energi lebih untuk mengelola dan merawat blog ini agar meskipun nantinya tidak mendapatkan uang sejumlah yang kuharapkan, tapi setidaknya makin banyak orang yang bisa menenmukan dan membacanya. Bukankah bisa menambah nilai kebermanfaatan untuk orang lain?

Iya, dua itulah alasanku tetap ngeblog sampai sekarang. Dua alasan terbesarku. Yang selalu kuingat saat aku mulai malas mengetik satu demi satu huruf, atau menuangkan cerita yang sebenarnya sudah berputar-putar di kepala ke dalam sebuah tulisan.

Jika ada yang bertanya, sampai kapan aku akan tetap ngeblog? Sungguh aku tidak tahu. Tapi yang bisa kujawab adalah, jika Tuhan sampai sekarang masih mengijinkanku untuk hidup, sehat, dan bisa beraktivitas, kenapa aku tidak terus menulis dan ngeblog? Karena siapa tahu, dengan jalan inilah, yang membuat Tuhan ridho padaku.

Jadi untuk diriku, semangat ngeblog terus yuuk…

Post a Comment

0 Comments