Reading Challenge ODOP Level Pertama




Bulan Februari ini, aku mengikuti dua challenge atau tantangan yang diselenggarakan oleh komunitas ODOP. Sejak beberapa bulan terakhir, aku sengaja keluar dari grup-grup WhatsApp kelas kecilnya ODOP karena sudah tak sanggup lagi mengikutinya. 


Aku sudah tidak mengikuti kelas blog dan tembus media. Dua kelas yang sebenarnya sangat kusukai karena di situlah tempatku belajar banyak. Tapi makin lama, aku semakin tidak ada waktu untuk mengerjakan tugas dari dua kelas tersebut, jadi aku memutuskan untuk berhenti. 


Beberapa waktu lalu, aku melihat pengumuman adanya tantangan membaca dan tantangan menulis setiap hari. Tanpa pikir panjang, aku segera mendaftar. Padahal saat itu, hidupku sedang tidak terlalu baik. Tapi kupikir, mungkin dengan mengikutinya, akan jadi healing yang bagus untukku. 


Kali ini aku akan bercerita tentang tantangan membaca dulu ya. Namanya READING CHALLENGE ODOP. Tantangan membaca buku setiap hari. Ada form laporan yang harus disetor setiap harinya. Genre buku yang dibacapun sudah ditentukan. 


RCO ini dimulai sejak tanggal 1 Februari. Di level pertama, genre bukunya adalah fiksi romance. Selama 10 hari, peserta harus membaca buku sesuai buku yang dipilih dan melaporkan progres hariannya. Ada poin-poin yang akan diakumulasikan di hari terakhir. Poin ini berdasarkan laporan tepat waktu serta tantangan lain yang sudah diumumkan di awal.


Di hari ke 10, diumumkan siapa yang lolos ke level berikutnya dan yang harus berhenti di level pertama apabila jumlah poinnya tidak mencukupi karena tidak menyelesaikan tantangan atau sering absen laporan. 


Bagaimana denganku? Alhandulillah lolos dong. Buku romance memang bukan buku yang terlalu kusukai. Tapi buku ini menyenangkan untuk dibaca. Sengaja aku memilih buku yang ringan agar aku terhibur dan tidak membuatku mikir hehe.. 


Aku menggunakan Gramedia Digital untuk mengikuti RCO ini. Di sana banyak pilihan buku yang makin memudahkanku untuk memilih buku yang kusukai. Berlangganan paket full premium package bisa punya akses untuk membaca banyak sekali buku di mana saja dan kapan saja. 


RCO level pertama kemarin aku menyelesaikan 4 buku. 3 buku karya penulis Indonesia dan 1 buku terjemahan. Lumayan dalam waktu 10 hari bisa membacanya, hal yang susah sekali dilakukan  di hari biasa. 


Petang tadi, sudah diumumkan juga genre buku yang harus dibaca di level kedua. Aku excited sekali. Nggak sabar untuk baca buku lagi besok. 


Post a Comment

0 Comments