REVIEW BUKU : RESEPSI



Penulis : Smita Diastri

Tebal : 320 Halaman

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun : 2021

 

Resi sangat terpukul ketika tiba-tiba mendapatkan undangan pernikahan dari Ranu. Ranu adalah orang yang sudah disukainya sejak kelas satu SMA dan mereka pernah pacaran serta dekat selama bertahun-tahun. Resi sering membayangkan kalau namanyalah yang akan ditulis di undangan itu. Bukan orang lain.

Tapi nyatanya, Ranu menikah dengan Amelia. Tanpa pemberitahuan sebelumnya. Mereka terakhir berkomunikasi di awal tahun dan kemudian tidak pernah berhubungan lagi sampai adanya surat undangan itu di hadapannya.

Resi dan Ranu memang sering putus nyambung. Tempat kuliah di kota yang berbeda membuat hubungan mereka on off selama bertahun-tahun. Tapi, Resi menyayangi Ranu, sejak lama. Resi diam-diam berharap dirinya dan Ranu akan punya happy ending/happy beginning yang seindah dongeng.

Novel ini menceritakan awal mula pertemuan Resi dan Ranu di SMA.  Tepatnya di tahun 1996. Lucu membaca bahasa anak sekolah kala itu, ada pager, madesu, kaset, wartel, dan musisi-musisi jaman dulu seperti Chrisye, Tika Bisono, Utha Likumahuwa.

Khas kisah percintaan anak SMA kala itu, ada berantem-berantemnya, ngambekannya, telepon ke telepon rumah, memberi hadiah kaset lagu, eh, jadi ikut nostalgia juga nih hahaha…Di setting waktu tahun 1996 sampai 1998, kita memang akan disuguhi cerita keseharian anak-anak SMA, baik itu di sekolah, ekstrakurikulernya maupun acara main-mainnya mereka.

Selain itu cerita dibuat bergantian di tahun 2008, saat Resi menerima surat undangan tersebut dan perkenalannya dengan Arga, pria yang dikenalnya saat menjalani training dari kantor tempatnya bekerja. Siapa sangka juga kalau ternyata Arga adalah teman Bima, sahabat Ranu sejak SMA.

Arga terang-terangan mencintai Resi. Tapi dia tahu, Resi belum bisa menerima kenyataan bahwa Ranu akan menikah dengan orang lain. Arga mendesak Resi untuk menuntaskan permasalahan yang belum selesai di antara mereka. Sebuah closure agar Resi bisa membuka lembaran baru. Arga bahkan berjanji akan menemani Resi di resepsi pernikahan Ranu. Tapi, apakah Resi sanggup? Atau apakah Resi siap untuk membuat sebuah closure dengan Ranu?

 #RCO10

#OneDayOnePost

#ReadingChallengeODOP10

#AntiBookShaming

#BacaBukuLegal

Post a Comment

0 Comments