Pages

Friday, April 18, 2014

Bermain Matematika Lagi

Masih dalam proses sama-sama belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, jadinya setiap hari, Aca sering aku kasih permainan yang ada hubungannya dengan matematikan dan hitung-hitungan. Biar gak kerasa juga bagi Aca kalau dia sebenarnya sedang belajar. Kemasannya sih cuma main-main saja.

Sore ini, kami berdua main hitung-hitungan lagi. Habis nemu printable yang bagus di sini. Aslinya juga memang buat belajar matematika, jadi cocok deh buat main kali ini. Bahan-bahannya : hasil cetakan printable, pompom, dadu mainan (aku bikin sendiri).

Cara mainnya, Aca akan melempar dadu lalu angka yang diatas adalah jumlah pompom yang mesti disusun Aca di lembar bergambarnya.
materialnya







misalnya yang keluar angka 6, tugas aca adalah mengambil 6 pompom dan dipasang di bulatan-bulatan di gambarnya.

 yang ini angka 6


Permainan ini juga bisa untuk berlatih penjumlahan. Misalnya setelah melempar dadu pertama dan pompomnya sudah ditata dengan benar , maka dadu dilempar sekali lagi lalu angka yang keluar dijumlahkan dari angka sebelumnya.  Aca sudah lumayan mengerti tentang penjumlahan ini, tapi dia cepat bosan kalau angka yang keluar adalah angka-angka besar semua. Sepertinya dia malas menghitung sampai lama hehe...

Setelah puas main hitung-hitungan pompom, kertas gambarnya kami warnai bersama. Wah, Aca sih, selalu semangat kalau disuruh main pakai cat air begini. Ini bisa sambil belajar angka juga lho. Kami mewarnai bulatan-bulatan di badan ikan sambil menghitungnya. Benar lho, bermain adalah proses belajar yang paling efektif deh buat anak-anak. Apalagi buat Aca.



mewarnai dengan cat air

bangga dengan hasil karyanya. Sebangga aku padamu...

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share