Pages

Thursday, August 21, 2014

Belajar tentang Magnet

Magnet bukan benda yang asing bagi Aca. Dulu juga pernah main dengan magnet ini. Sekarang punya ide untuk main lagi. Lebih tepatnya belajar ding. Soalnya agak lebih serius mainnya. Masih berhubungan dengan sains juga. Tapi Aca suka kok. Walaupun mukanya keliatan serius banget tadi pas main ini hehe..



Ceritanya, aku ingin Aca memperhatikan bagaimana magnet bisa menarik benda-benda tertentu. Kalau dulu tahunya magnet bisa digunakan untuk memancing ikan mainan, sekarang fokusnya adalah magnet itu sendiri.
Yang aku siapkan, botol plastik kosong, magnet yang sudah ditempel di craft stick, beberapa macam benda yaitu foam butiran, kawat bulu, klip kertas dan mata mainan. Benda ini untuk membedakan mana saja yang bisa ditarik oleh magnet, mana yang tidak.



Kemudian satu persatu benda dimasukkan ke dalam botol. Mulai dari kawat bulu yang sudah aku potong kecil-kecil. Lalu aku minta Aca untuk menggerakkan stiknya (yang sudah ditempeli magnet) ke dinding botol naik turun. Tuh, kawatnya ikut bergerak kan?







Setelah itu, eksperimen dilanjutkan dengan benda yang lain. Aca jadi tahu mana yang ketarik magnet, mana yang tidak. Akhirnya semua benda dimasukkan jadi satu ke dalam botol. Kan makin keliatan benda mana saja yang gak terpengaruh sama magnet.


Aca seneng saat dia bisa menarik banyak benda sekaligus. Misalnya beberapa kawat bulu yang menempel jadi satu. Heboh teriak-teriak 'Aca bisaa!!'. Iya deh, Aca kan memang hebat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share