Pages

Friday, December 26, 2014

Serangga di Dalam Es

Karena sudah lama Aca tidak melakukan eksperimen, pagi tadi kami kembali bersenang-senang dengan eksperimen sains sederhana. Apa itu? Menyelamatkan serangga yang terjebak di dalam es hihihi.... Sebelumnya, aku membekukan air dulu yang diisi dengan serangga. Biar serangganya juga ikut beku di dalam esnya. Nah, eksperimennya adalah membuat esnya cepat mencair sehingga serangganya bisa keluar.

 
Aku menyiapkan tiga buah wadah untuk tiga buah es batu berisi serangga. Tiap es nantinya akan diperlakukan berbeda untuk mengetahui mana yang lebih cepat mencair. 



Yang pertama adalah dengan memukul atau mengetukkan balok kayu ke es, kemudian yang kedua dengan memberi garam, dan terakhir dengan menyiram air. Kita lihat mana yang lebih dulu mencair.

 yang ini dikasih garam


disiram air

dipukul dengan balok. Tapi Aca kesulitan memukulnya karena licin jadi mesti pelan-pelan.


 ngasih garamnya kebanyakan



Ternyata yang paling cepat mencair adalah es yang dikasih garam. Apalagi Aca tadi kebanyakan ngasih garamnya, jadi makin cepet. Aca seneng main ini tadi. Gara-gara ada airnya jadi lumayan betah. Sayangnya waktu serangga mainannya sudah 'kelihatan' dan bisa diambil, dia malah kabur. Masih geli dengan mainan serangga rupanya hehe...



1 comment:

  1. Serangganya mainan kan mbk?bukan serangga betulan..hehe

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share