Pages

Saturday, February 7, 2015

Membuat Roket Balon

Tema pelajaran di sekolah Aca bulan ini adalah Udara. Banyak kegiatan seru mestinya di sekolah, bahkan minggu depan Aca diminta untuk membawa kertas kalender bekas untuk dibuat baling-baling. Untuk di rumah, masih belum beres nih lesson plannya. Sementara ini baru mencari buku bacaan dan eksperimen sederhana. 


Eksperimen yang pertama adalah membuat roket dari balon. Bahan lainnya adalah tali (aku memakai tali rafia), sedotan dan selotip.

Cara membuatnya : Ikat tali di kaki kursi atau apapunyang ada di rumah. Masukkan sedotan ke dalam tali dan ikat ujungnya ke kaki kursi yang lain.


 Diatas sedotan, pasang selotip di tengahnya.





 Tiup balon sampai cukup besar. Ini bagian Aca yang memompa balonnya. Jangan diikat ya balonnya. Dipegangi saja mulut balonnya.

Tempelkan balon di bawah sedotan dengan menggunakan selotip. Geser balon sampai ke ujung tali sambil terus dipegangi ujungnya. Setelah itu lepaskan dan lihat apa yag terjadi.

Balon bergerak sangat cepat menuju ujung tali yang satunya. Udara di dalam balon yang keluar saat pegangan dibuka mendorong balon maju dengan kecepatan tinggi. Hampir mirip dengan roket. 

Aca senang sekali dengan eksperimen ini. Sekali dia masih belum ngeh karena balonnya kan bergeraknya cepat sekali, tapi setelah aku ulangi, dia malah ketagihan bikin roket balon terus.

Seruu kaan??








No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share