Pages

Thursday, March 5, 2015

Game Transportasi

Hasil Sharing Perkembangan Siswa akhir bulan Februari kemarin adalah bahwa Aca susah untuk diajak berlomba dengan teman-temannya. Ada-ada saja alasannya. Capek lah, ingin minum dulu, mau ke kamar mandi dulu, dan macem-macem caranya ngeles. Padahal perasaan di rumah sudah sering aku ajak lomba bareng sepupunya Fida dan Ara. Padahal juga, sudah sering aku bicarakan padanya bahwa tidak penting kalah menangnya, yang penting adalah bersenang-senang dan bekerja sama dengan teman. Hmm..mungkin harus lebih sering diajak lomba bareng ya?

Karena itu, weekend kemarin, kami main lomba sederhana bertiga dengan sepupunya. Yang gampang saja sih biar anak-anak merasa senang dulu. Permainan kami yaitu mengelompokkan alat-alat transportasi ke  jenis transportasi darat, laut atau udara. Sekalian biar Aca latihan membaca juga sih.


 Aku menggunakan felt board, printable dari themeasuredmom, serta selotip kertas. Printable yang sudah dilaminating dan dipotong-potong, serta ditempel velcro aku tempatkan di kotak tempat sampah. Nantinya anak-anak harus mengambil satu per satu kartu dan berlari menempelkan kartu ke felt board yang sesuai apakah itu jenis transportasi darat, laut atau udara.



Awal menerangkan kepada anak-anak harus jelas dan perlahan. Bahkan sempat aku contohkan agar Aca mengerti. Tapi ternyata setelahnya, mereka bisa bermain dengan benar kok.Siapa yang menang? Tentu saja Fida. Dia kan sudah mahir banget membaca. Nomor duanya Aca. Walaupun tidak salah dalam mengelompokkan, tapi dia kelihatan masih bingung antara jenis kendaraan yang tidak familiar olehnya.


Yang jelas, permainan sederhana seperti ini cukup seru dan menyenangkan bagi mereka. Minggu depan main lomba lagi ya Ca..

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share