Pages

Friday, May 15, 2015

Hitung, Baca, Pasangkan

Punya artfoam di rumah, jadi punya ide untuk membuat puzzle sederhana untuk Aca. Masih sederhana banget tapi Alhamdulillan Aca mau memainkannya. Kali ini puzzlenya tentang berhitung dan membaca. Materialnya, art foam sama magnetic sheet saja. Kalau tidak punya magnetic sheet juga tidak apa-apa kok. Kemarin aku memakainya karena biar bisa ditempel di pintu kulkas kalau sudah selesai main.


Aku membuatnya menjadi tiga keping puzzle. Yang pertama adalah dengan membuat bulatan kecil. Aca harus menghitung setiap bulatan tersebut. Kemudian mencari tulisan yang sesuai dengan jumlah bulatan. Yang terakhir memasangkannya dengan angka yang sama. 


Untuk menghitung bulatan, Aca sudah mahir banget sampai angka 20. Cukup sabar menghitung satu-satu. Padahal maksudku ingin aku ajari juga cara mengelompokkan hitungan per baris agar tidak perlu menghitung satu-satu. Perlu belajar lagi nih soal ini.


Tapi kalau untuk membaca, tentu saja masih kesulitan dan perlu bantuanku. Aku bantu dengan memberikan petunjuk huruf-huruf depannya saja, nanti tugasnya yang mencari dan memasangnya.


Kalau angka sih, sudah tidak perlu bantuan lagi ya Ca. Aca sudah pinter sampai angka 30. Jadi main ini, selain urusan membaca, sepertinya terlalu mudah baginya. Dia tidak menyelesaikannya dan ditinggal kabur gitu aja. Oke deh, besok dibikin lagi yang lebih seru.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share