Pages

Tuesday, May 26, 2015

Membuat Pelangi Air

Alhamdulillah, bisa bikin eksperimen bareng anak-anak lagi. Kali ini kami membuat eksperimen tentang masa jenis air. Bahasanya terlalu ilmiah kan? Oke deh, sebenarnya kami membuat pelangi air. Air yang bisa berwarna warni seperti pelangi. Idenya dari akun instagram mba Elga Benedicta. Yuk kita lihat bagaimana cara membuatnya.

Material yang dibutuhkan : air, garam, pewarna, gelas, tabung kecil, pipet dan sendok. Tabung kecilnya adalah tabung bekas glitter mainan yang harganya dua ribuan di toko buku atau toko mainan anak-anak.


Empat gelas diisi dengan garam dengan takaran yang berbeda. Angka di gelasnya menunjukkan seberapa sendok jumlah garamnya. Jadi ada 1, 3, 5, dan 7 sendok garam. Setelah diisi garam, dituang air dengan ukuran yang sama. Aduk sampai semua garam larut.

Butuh perjuangan saat mengaduk garam dengan jumlah banyak, Apalagi saat mengaduk 7 sendok garam. Aca benar-benar tidak sabar dan akhirnya tidak menunggu sampai semua garamnya larut dulu.
 Setelah garam larut (meskipun ada yang belum larut juga hehe), beri pewarna yang berbeda di tiap gelas. Aduk rata.


Bagian paling serunya adalah  menuang airnya ke dalam tabung-tabung kecil. Harus hati-hati biar warnanya tidak bercampur. Memakai sendok bisa, memakai pipet juga bisa. Tipsnya harus pelan-pelan dan sabar saat menuang diatas warna lain.



Anak-anak belajar bahwa semakin banyak garam yang dilarutkan dalam air, maka akan semakin menambah berat air itu sendiri. Jadi, yang paling berat akan berada di lapisan air yang paling bawah.Akhirnya mereka juga sudah mengerti kalau lapisan paling bawah harusnya yang paling banyak garamnya, dan yang paling atas adalah yang paling sedikit.


Taraaa...ini hasilnya..jadi pelangi air kalau kata Aca dan Fida. And they love it soo much...Eksperimen pun berakhir dengan mereka berdua main campur-campur air dan garam sampai setengah jam kemudian ^_^.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share