Pages

Tuesday, June 28, 2016

Online Shopping. Pilihan Belanja Persiapan Ramadan dan Lebaran.



Assalamualaikum. Haii, bagaimana puasanya? Semoga lancar sampai akhir ramadan nanti. Amiinn...
Sekali-kali, kita bahas tentang belanja yuk. Mumpung lagi pas waktunya. Waktu belanja untuk persiapan ramadan dan lebaran.

Sebenarnya ramadan dan  lebaran kan tidak harus dirayakan dengan yang mewah dan berlebihan. Kan yang penting adalah mengisi ramadan dengan sebaik-baik amalan. Tapiii...namanya juga di Indonesia, yang tak bisa lepas dari banyak tradisi yang susah ditinggalkan.

Misalnya, ketika Ramadan, tiba-tiba jadi ada budget lebih untuk makan dan jajan. Belum lagi kalau ada acara bukber yang mengharuskan iuran ^_^.  Dan ketika  lebaran, ada baju baru, angpau, kue-kue kering toplesan, sampai masakan besar di hari H (dan juga hari ketujuh lebaran kalau di kotaku).
Butuh biaya banyak? Iyes..

Sebenarnya, sudah beberapa tahun ini berusaha menyambut ramadan dan lebaran dengan lebih sederhana. Banyak hal sudah mulai dikurangi dan dibatasi.Untuk buka puasa, seadanya. Ibuk tidak heboh masak ini itu, beli macam-macam gorengan dan cemilan yang akhirnya tidak ada yang makan, dan mengurangi porsi masakan. Seperti yang dulu suka ribet mengisi meja ruang tamu (dan meja di ruang keluarga) dengan banyak (sekali) toples berisi kue, sekarang hanya beberapa saja. Toh kebanyakan tamu hanya berkunjung sebentar dan sedikit sekali yang duduk lama sambil memakannya. Tetep menyediakan sih, hanya secukupnya saja.
Biasanya dulu suka kembaran sekeluarga menjahit baju, sekarang, tradisi baju baru sudah tidak berlaku. Boros hahaha...Lagian, baju kembaran gitu jarang dipakainya kalau sehari-hari. Sayang banget kalau cuma buat koleksi di lemari.

Tapiii, tetap saja ramadan dan lebaran butuh banyak persiapan. Dan bagaimana aku menyiapkannya? Sebenarnya mempersiapkan ramadan dan lebaran bagiku juga berarti mempersiapkannya hampir setahun sebelumnya. Maksudnya, karena aku tidak pernah mendapatkan THR, jadi pengeluaran yang biasanya membengkak selama ramadan dan lebaran, aku sisihkan berbulan-bulan sebelumnya. Ya iyalah..kalau tidak gitu, akan susah mengaturnya. Karena tidak bisa dipungkiri, belanja saat mau ramadan dan lebaran tetap saja lebih banyak daripada belanja bulanan biasa. Dan apa yang aku beli saat persiapan ramadan dan lebaran tahun ini? 

1. Baju.
Bukan beli baju untuk diri sendiri. Tapi untuk krucils yaitu Aca dan para sepupunya. Ini budget paling banyak deh untukku. Andalan banget beli online karena praktis. Dan beli banyak dapat diskon hihihi...Karena kalau beli selalu lebih dari 6 buah, kan lumayaan. Dan juga biasanya kalau online lebih banyak pilihannya. Tidak repot beli ke toko lain untuk menggenapkan pembelian. 

Kemudian baju buat Ibuk. Karena beli baju ibuk juga susah karena jarang toko atau mall yang koleksinya sesuai dengan selera beliau. Aku suka tidak sabar kalau harus mengantar belanja bolak-bolak keluar masuk toko gitu. Paling mudahnya tentu saja aku bukakan aplikasi belanja online dan meminta beliau memilih baju yang disukai. Hehe..Mudah kan?

2. Buku dan mainan
Butuh banyak senjata untuk membuat aca menjalankan puasa dengan lancar. Salah duanya tentu saja buku dan mainan. Andalan banget untuk memberikan banyak aktivitas agar Aca lupa dengan lapar dan hausnya. Apalagi musim liburan. Semakin banyak tantangannya biar Aca tidak melulu nonton TV atau main gadget.  Tahun ini, beli buku dan mainan seperti  magic beans dan aneka stiker juga melalui online shop. Berada di kota kecil seperti Kudus, susah menemukan mainan edukatif yang bagus. Kalaupun ada harganya mahal sekali di toko mainan disini. Jadi yah..online shopping yang lagi-lagi jadi pilihanku.

Karena belanja online itu memang memudahkan. Mampir ke  online shop favorit atau website e-commerce seperti HIJABENKA  Disana punya banyak jenis produk mulai baju, gamis, tas, sepatu, sampai ciput. Ini yang aku sukai. Tidak perlu lagi nyari ke toko sebelah. Sudah lengkapp. Tinggal pilih-pilih barang yang diinginkan, bayar, dan taraa....”umi, ada paketaan” teriak Aca setiap ada mas-mas ekspedisi yang nganter barang hihihi..
Sangat membantu banget untukku yang sudah lelah di jalanan tiap hari dan tidak punya waktu untuk keluar masuk toko atau mall. Memang benar-benar tidak bikin kaki pegel deh.

Apalagi saat habis pada dapat THR, jalanan macet dimana-mana. Juga ngerasa agak-agak nelangsa gitu kalau ikutan belanja pada saat seperti itu. Kan pengen juga dapat THR hihihi...

Nah, kalau sudah begini, urusan belanja sudah beres kan? Tinggal menyiapkan beberapa printilan yang kurang dan tidak akan terlalu merepotkan. 

Tips untuk belanja online versi aku adalah  kita harus memastikan  online shop dan e-commerce  yang kita pilih benar-benar bisa dipercaya.  Pastikan online shop dan e-commerce mempunyai fasilitas lengkap untuk pembayaran, pengembalian barang, dan keterangan lengkap setiap produknya. Saat memilih barang, pastikan untuk membaca deskripsi produk yang ingin kita beli. Misalnya baju, karena kita tidak bisa mencobanya sepertinya kalau beli offline, maka sangat penting untuk mengetahui ukuran baju dan menyesuaikannya dengan ukuran kita. Sempatkan membaca testimoni dan review kalau ada atau rekomendasi tentang tempat kita akan berbelanja.

Naah, bagaimana belanja persiapan lebaranmu? Seru juga?

Post ini diikutsertakan dalam Blog Competition HIJABENKAIHB

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share