Pages

Saturday, October 15, 2016

Diorama Siklus Air

Assalamualaikum...
Haii...Apa kabar semuanya? Ada teman yang request untuk memposting tutorial membuat diorama siklus air yang dibuat di acara playdate beberapa waktu lalu. Sebelum kelupaan (lagi) posting sekarang ya.



Tapi mohon maaf, fotonya seadanya. Tidak punya dokumentasi step by step nya. Hanya saja semoga keterangannya cukup membantu ^_^

DIORAMA SIKLUS AIR



Bahan :
Kotak Kardus ukuran 20 x 20 cm (Biasanya dipakai untuk kemasan nasi )
Kertas marmer warna biru muda, biru tua dan coklat muda
Kertas asturo warna coklat tua
Kertas sampul warna coklat muda
Kertas koran secukupnya
Kertas krep waena kuning
Kapas bulat secukupnya
Kertas lipat warna-warni
Benang wol

Peralatan :
Gunting, lem, selotip, stapler

Cara Membuat :
  1. Pasang kardus yang sudah distaples dengan tutup di bagian bawah sebagai alasnya. Sedangkan bagian badan yang lebih besar, dipasang di samping sebagai backgroundnya. Gunting sisi-sisi kardus besar dan satukan bagian bawahnya dengan stapler. Sisihkan sisa kertas yang digunting karena akan dipakai nanti.
  2. Lapisi permukaan alas dan background dengan kertas marmer biru. Biru muda untuk bagian atas (sebagai langit) dan biru tua di bagian alas (sebagai laut). Gunting kertas marmer sesuai lebar kardus dan rekatkan dengan lem kertas.
  3. Di bagian alasnya, gunting kertas asturo coklat sedikit bagian untuk menjadi daratan. Tempelkan di pinggir alas.
  4. Sekarang waktunya membuat gunung. Lipat dan bentuk kertas koran menjadi kerucut atau tumpeng. Isi bagian dalamnya dengan kertas koran yang di remas-remas. Lapisi kertas koran dengan kertas sampul coklat muda.
  5. Pasang gunung kita di bagian daratan (dari asturo coklat)
  6. Buat beberapa pohon dengan cara menggunting kertas asturo coklat memanjang ke atas. Gunting belah dua bagian bawahnya dan masing-masing tekuk ke depan dan belakang agar bisa berdiri. Buat daunnya dari kertas lipat warna warni.
  7. Buat matahari dengan kertas lipat kuning digunting bulat dan hias menggunakan kertas krep untuk memberi kesan bersinar.
  8. Buat awan, ambil kertas kardus sisa, gunting menjadi bentuk awan, tempelkan kapas bulat diatasnya.
  9. Untuk hujan, gunting kertas kardus sisa menjadi bentuk tetesan air kecil sebanyak beberapa buah. Kemudian tempelkan di benang wol menggunakan selotip. Gantung hujan di awan yang sudah kita buat tadi.
  10. Tempelkan awan dan hujan ke sisi background.
  11. Hias sesukamu. Bisa dengan menambahkan kapal-kapal kecil dari kertas lipat dan ditempelkan di 'laut', menambahkan buah-buahan warna warni di pepohonan, menggunting kecil-kecil  kertas krep biru dan menyebarkannya untk dijadikan laut, atau memberi gambar burung di bagian langit.

Diorama Siklus Air nya sudah jadi deh.

Semoga jelas yah..Kalau belum jelas, boleh tanya di kolom komentar kok hehehe...



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share