Sunday, July 5, 2020

FUDGY BROWNIES




Suka brownies? Kalau ada yang menanyakan itu padaku, tentu saja akan kujawab iya dengan segera. Brownies adalah salah satu comfort food yang bisa membuat mood membaik dengan segera. Bagiku,  makan brownies sambil minum kopi pahit panas adalah surga. Tapi masalahnya, aku belum nemu brownies yang sesuai seleraku di toko. Sudah mencoba brownies bikinan beberapa toko kue di Kudus, tapi tetap belum seperti yang kumau.

Jadi kalau lagi pengen sekali makan brownies, aku memang lebih suka bikin sendiri. Aku suka brownies yang fudgy, masih basah di tengah, yang kalau digigit terasa sekali cokelatnya yang masih lengket di lidah. Yang pahit manisnya, toppingnya, serta legitnya pas.

Membuat brownies sebenarnya lebih mudah kok dibandingkan bikin cake. Tidak membutuhkan alat pengaduk, tidak membutuhkan bahan tambahan kue sintesis seperti baking powder, sp, atau semacamnya. Dan tidak perlu khawatir akan bantat. Karena brownies kan memang kue yang tidak akan mengembang tinggi seperti cake atau bolu.

Untuk topping, kalau bikin sendiri juga bisa diatur sesuai selera. Bisa chocochips, keju, kacang atau semuanya sekaligus. Kalau aku sedang ingin makan cokelat, aku bikin aja  brownies dengan topping silverqueen yang banyak. Tapi aku paling sering membuat brownies dengan topping kacang almond atau kacang kenari. 

Mau tahu resep brownies andalanku? Boleh dicoba kok.





Fudgy Brownies
Bahan :
150 gr DCC, cincang
50 gr mentega/margarin
40 ml minyak sayur
100 gr tepung terigu
35 gr cokelat bubuk
150 gula pasir, blender halus
2 butir telur
Topping : Oreo, almond slice

Cara pembuatan :
1.       Lelehkan DCC, mentega, dan minyak dengan cara ditim.
2.       Kocok telur dan gula hingga gula larut
3.       Masukkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata
4.       Masukkan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti
5.       Beri topping sesuai selera
6.       Panggang dengan suhu 180 derajat  sekitar 35 menit hingga matang

Tips :
-          Jangan memanggang terlalu kering, nanti tidak dapat sensasi lelehan cokelat di dalamnya. Tapi pastikan juga sudah cukup matang ya. Tes tusuk saja untuk memastikan.
-          Panaskan oven terlebih dulu, dan pastikan gula sudah benar-benar larut untuk mendapatkan shiny crustnya.
-          Brownies bisa diinapkan semalaman di kulkas dulu sebelum dimakan. Percaya deh, akan lebih kerasa cokelatnya.

No comments:

Post a Comment

Share