Tuesday, September 8, 2020

Berjalan Kaki di Pagi Hari, Dapat Sehat Dapat Ide Menulis

September ini, genap empat bulan aku memaksakan diri untuk rajin berjalan kaki setiap pagi. Awalnya memang setelah lebaran, masih sering libur, banyak kerja dari rumah, dan tiba-tiba jadi merasa ada yang tidak beres dengan badan. Di rumah saja malah membuatku jadi sering sakit dan gampang lelah.

Padahal waktu itu sudah mulai juga harus bekerja di luar kota. Meskipun belum sesering sekarang, tapi setelah bekerja kok lelahnya berlebihan. Masa-masa sering di rumah jadi membuatku belajar lebih banyak tentang diriku sendiri. Kemudian Aku sadar, Aku selama ini kurang bergerak, jarang berolahraga, dan tidak menjaga makanan. Efeknya tentu saja menjadi lebih sering sakit, mudah lelah, dan suasana hati menjadi kacau.

Kemudian suatu pagi, aku memutuskan untuk memulai melangkahkan kaki di pagi hari. Manfaat jalan kaki sudah banyak yang tahu kan?. Salah satu olahraga yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan, mengurangi resiko penyakit jantung, obesitas, dan penyakit lain.  Tapi selain alasan kesehatan, aku berusaha rutin berjalan kaki setiap hari karena beberapa alasan di bawah ini :

1.      Bisa Menghirup Udara Bersih

Siapa yang membantah kalau udara pagi itu jauh lebih segar dari waktu manapun seharian? Iya, pagi hari, saat belum banyak kendaraan yang lewat otomatis  oksigen masih bersih.  Rugi kalau tidak dimanfaatkan untuk dihirup sebanyak  mungkin. Apalagi orang sepertiku yang sering bekerja di lapangan, bisa menghirup udara pagi adalah sebuah anugrah. Aromanya sangat berbeda. Lembab tapi segar. Manis dan harum dedaunan, embun dan bunga menjadi satu. Coba deh..

 

 2.    Mood Booster Terbaik

Aku percaya, bahwa  apa yang kita rasakan setelah bangun tidur di pagi hari akan menentukan suasana hati kita seharian. Dan dengan jalan kaki di pagi hari setelah bangun tidur, berkeringat, menghirup udara segar, bikin mood kita baik dan lebih bersemangat menyambut hari. Setelah berjalan kaki, jadi segar lho. Bukan lelah. Malah seperti punya tambahan energi untuk menjalani kegiatan seharian.

 

 

3.     Ide Menulis

Kalau ini, karena aku suka mengamati sesuatu dan seseorang. Di sela-sela jalan pagi mengelilingi komplek perumahan, aku suka mengamati sepasang orang tua yang berjalan kaki juga sambil bergandengan tangan, seorang laki-laki berusia sekitar 50 tahunan yang badannya masih sangat kekar, pemuda yang diam-diam kukagumi staminanya karena larinya stabil banget setiap bertemu denganku, seorang bapak yang rumahnya di pojokan komplek yang rajin membaca Al Quran setiap pagi di ruang tamu rumahnya.  Jalan pagi, saat jalanan masih sepi dan rumah-rumah masih tertutup rapat, seperti memberi banyak ide cerita setiap harinya. Aku suka mengkhayal membuat cerita masing-masing orang yang kutemui, rumah-rumah yang kulewati, bahkan kucing liar yang sedang tertidur di pinggir jalan. Atau kesukaanku adalah melihat langit di pagi hari. Melihat matahari terbit dengan semburat  warna keemasan  di langit  yang menakjubkan mungkin bisa jadi inspirasi terciptanya puisi bagi yang suka membuat syair dan puisi.

 

 
Melihat langit pagi seperti ini, masihkah tidak terpesona?


Jadi, besok pagi, mau sepertiku berjalan kaki untuk mendapatkan ide?

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day1

2 comments:

  1. Nafas pagi adalah inspirasi tak bertepi. Selamat menemukan ide dan motivasi.

    ReplyDelete
  2. Kaan..ini nih salah satu penulis keren yang kalimatnya saja sudah puitis. Terima kasih sudah mampir mbaa

    ReplyDelete

Share