Saturday, September 26, 2020

KUE HUNKWE NANGKA

 


Sudah tahu belum tentang tepung hunkwe? Tepung hunkwe adalah tepung yang terbuat dari pati kacang hijau. Warnanya putih, aromanya harum dan mempunyai tekstur yang sedikit lebih kasar dari tepung terigu.

Selain membeli tepung hunkwe yang sudah jadi, kita bisa membuatnya sendiri. Kacang hijau kupas disangrai, didiamkan hingga dingin, kemudian dihaluskan. Dengan membuat sendiri tepung hunkwe, kita bisa menjamin kualiatsnya. Terkadang, tepung hunkwe di pasaran ada yang dicampur dengan tepung maizena sehingga mempengaruhi rasa dan hasil akhir makanan.

Tepung hunkwe bisa digunakan untuk membuat berbagai macam makanan. Biasanya makanan yang menggunakan tepung ini betekstur kenyal. Makanan yang sering dijumpai menggunakan tepung ini misalnya kue lapis, es gabus, jentik manis, nagasari hunkwe. Bahkan cendol juga bisa dibuat dari tepung hunkwe. Dengan menambahkan tepung hunkwe di adonan kue kering kabarnya akan membuat kue kering lebih renyah.

Karena sedang punya tepung hunkwe di rumah, aku membuat cemilan manis yang mudah sekali dibuat menggunakan tepung ini. Rasanya enak sekali. Legit, manis, dan harum. Teman-teman bisa mengganti nangka dengan pisang kukus atau jagung yang sudah direbus ya. Sama kok enaknya. Dicoba yuk..

KUE HUNKWE NANGKA

Bahan-bahan :

Lapisan Putih :

60 gr tepung hunkwe

600 ml santan

100 gr gula apsir

½ sdt garam

Nangka dipotong dadu kecil

 

Lapisan Hijau :

40 gr tepung hunkwe

300 ml air

50 gr gula pasir

Sejumput garam

Pasta pandan secukupnya

Cara Membuat :

1.     Lapisan putih : Larutkan tepung hunkwe dengan santan gula dan garam. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih dan meletup-letup. Matikan api. Masukkan nangka. Aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan setinggi 3/4 cetakan.

2.   Lapisan hijau : Larutkan tepung hunkwe dengan semua bahan. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih dan meletuP-letup. Matikan api. Tuang di aats lapisan putuh hingga cetakan penuh,

3.     Dinginkan dan lepaskan dari cetakan

4.     Siap disajikan.

 

#OneDayOnePost
#ODOP
#Day20

No comments:

Post a Comment

Share