Friday, October 2, 2020

BIKIN GREEN SMOOTHIES TIAP HARI TANPA RIBET? INI TIPSNYA!

 


Akhirnya kesampaian juga aku menulis ini, setelah ada saja yang bertanya padaku tentang green smoothies yang kubuat setiap pagi. Inilah sarapanku setiap harinya. Setelah meminum satu gelas green smoothies, biasanya aku memang tidak makan lagi sampai waktu makan siang tiba.

Ribet nggak bikinnya tiap hari? Percaya deh, daripada masak makanan berat khas Indonesia, jauh lebih praktis membuat green smoothies. Tinggal iris-iris sayuran, masukkan blender, jadi deh. Tips bikin green smoothies tiap hari tanpa ribet? Yuk dibaca haha…

1, Membuat Rencana Mingguan

Penting membuat rencana mingguan ini karena akan berhubungan pula dengan menyiapkan bahan sayuran dan buah yang akan dibeli. Dengan adanya rencana mingguan, tidak perlu repot lagi memikirkan besok bikin smoothies apa, bahannya ada tau enggak dan sebagianya. Semuanya sudah direncanakan sebelumnya. Aku membuat rencana mingguan biasanya di hari minggu. Misalnya seperti ini:

Senin : Bayam hijau + kale + timun + nanas

Selasa : Bayam hijau + kale + kol + nanas

Rabu : Sawi + seledri + kangkung +pisang

Kamis : Kangkung + seledri + selada + pisang

Jumat : Bayam merah + selada putih +nanas

Sabtu : Bayam merah + pochoy + nanas

Minggu : Sawi + timun + kol + nanas

Hindari menggunakan sayuran yang sama selama lebih dari dua hari. Selang seling saja biar tubuh punya kesempatan membuang residu makanan yang masuk tubuh. Ini juga bermanfaat untuk mengambil kebaikan dari masing-masing sayuran yang berbeda. Jadi jangan sayuran itu-itu saja. Pilih sayuran lokal yang mudah ditemukan kalau sayuran organik terasa memberatkan. Aku juga pakai sayuran yang ada di pasar kok. Kalau kale aku menanam sendiri di rumah jadi tinggal petik kalau butuh,

2. Belanja Sayuran dan Buah

Idealnya adalah belanja sayuran segar setiap hari, tapi kalau tidak memungkinkan, bisa kok diatur belanja mingguan sepertiku. Biasanya aku belanja sayuran di hari minggu atau senin pagi untuk seminggu untuk jaga-jaga kalau misalnya aku tidak sempat belanja di seminggu itu. Belanja di pasar saja yang mempunya banyak pilihan sayur. Atau bisa juga belanja di tukang sayur yang lewat di rumah.

3. Penyimpanan

Setelah belanja, sayuran aku petiki dan kumasukkan ke wadah kedap udara untuk disimpan di kulkas. Setiap hari ambil sayur secukupnya. Dengan cara begini, sayuran cukup buat seminggu dan tidak rusak. Jadi tidak perlu sering-sering belanja. Untuk buah, langsung aku cuci dan aku potong-potong menjadi satu kali porsi campuran smoothies. Kumasukkan plastik berperekat  dan kubekukan. Bisa awet dua minggu lebih kalau dengan cara seperti ini.

4. Pencucian

Aku mencuci sayuran sesaat sebelum kujadikan smoothies. Keluarkan sayuran dari kotak sayur di dalam kulkas, ambil secukupnya. Rendam dengan larutan cuka apel atau baking soda. Aduk aduk. Bilas pertama dengan air kran, dan pembilasan kedua dengan air minum. Setelah itu siap digunakan. Kalau untuk  buah, sebelum dibekukan dicuci dulu ya, jadi bisa langsung dimasukkan blender.


Setelah semua siap bisa langsung dimasukkan blender dengan menambahkan air secukupnya. Resep dasar smoothies buatanku adalah dua atau tiga jenis sayuran, satu atau jenis buah dan air matang untuk membantu memutar pisau blender.  Tapi lama-lama aku jarang memakai buah di smoothies. Buah aku makan langsung sebagai cemilan biasa.

Tips lain yang bisa dijadikan pilihan untuk mebuat green smoothies lebih enak :

1.    Ganti air dengan air kelapa muda. Ini akan menambah rasa manis alami di green smoothies. Tambahkan juga daging kelapa mudanya. Rasanya juga jadi jauh lebih enak. Air kelapa muda juga bisa dibekukan agar lebih tahan lama. Dagingnya bisa diperlakukan sama seperti buah-buahan beku.

2.   Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis bila suka. Gunanya menambah kebaikan alami jeruk nipis yang kaya vitamin dan juga menyamarkan rasa sayur.

3.  Tambahkan satu sendok makan minyak kelapa sebagai lemak baik yang diperlukan tubuh. Minyak kelapa ini juga membantu menyamarkan bau dan rasa sayur yang kuat.

 

Dengan tips-tips di atas, membuat green smoothies setiap hari jadi mudah. Benar-benar tidak ribet sama sekali. Jadi, silakan mencobaa…

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#ODOP Batch8

#TantanganPekan4

2 comments:

  1. jadi harus diubah-ubah, sayurannya. siap-siap.
    aku lagi gak konsisten lagi buat green smoothiesnya. nanti aku ikuti tips ini biar lebih konsisten

    ReplyDelete
  2. Iya mbaa.sayurannya beda-beda aja.

    ReplyDelete

Share