APA BAHASA CINTAMU?

Bahasa Cinta 

Bahasa cinta (love language) pertama kali dipopulerkan oleh Dr. Gary Chapman pada tahun 1992 di Amerika. Dalam bukunya The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate., Dr. Gary Chapman menjelaskan bahwa bahasa cinta adalah perilaku yang membuat kamu merasa dicintai. Bahasa cinta ini juga berarti bagaimana cara seseorang mengungkapkan cinta dan kasih sayang kepada orang lain. 

Mengetahui bahasa cinta perlu nggak sih? Tergantung. Tapi kalau kamu merasa sering mempunyai konflik dengan pasanganmu, merasa tidak disayangi, dihargai, atau dimengerti, mungkin perlu mencoba mencari tahu bahasa cinta masing-masing sebagai salah satu cara mencari solusi deh. Siapa tahu kan, kalian berdua hanya mempunyai bahasa cinta yang berbeda. 

Menurut Dr. Chapman, ada 5 bahasa cinta, dan seseorang setidaknya mempunyai satu bahasa cinta yang dominan. Apa saja bahasa cinta tersebut : 

1. Words of Affirmation 

Orang yang mempunyai tipe bahasa cinta ini, menunjukkan kasih sayangnya dengan kata-kata. Demikian juga sebaliknya. Dia akan merasa dicintai dan disayangi jika diberikan pujian, ungkapan cinta, atau kata-kata sayang. Bisa berbentuk ucapan atau tulisan. Jika pasanganmu termasuk tipe ini, sering-sering bilang sayang deh biar dia bahagia. Atau mengiriminya pesan romantis untuknya pasti akan membuatnya berbunga-bunga. 

 2. Acts of Service 

Bahasa cinta ini mengungkapkan perasaannya dengan tindakan. Orang dengan tipe ini tidak ahli berkata-kata indah nan romantis, tapi dia akan menunjukkan perasaannya dengan melakukan sesuatu seperti menolong pasangannya yang kerepotan mengerjakan tugas, menjemput pasangan sepulang bekerja, atau sekadar membukakan pintu mobil. 

 3. Receiving gifts 

Simbol cinta tipe ini adalah hadiah. Orang dengan tipe bahasa cinta ini sangat menyukai mengirim dan menerima hadiah sebagai bentuk cinta mereka. Tidak masalah harganya, tapi orang-orang dengan tipe ini, menghargai makna yang terkandung dalam setiap hadiah yang diberikan atau diterima. 

4. Quality Time 

Pemilik bahasa cinta ini akan merasakan cinta jika menghabiskan waktu dengan orang yang disayanginya. Orang ini akan merasa dicintai jika pasangannya meluangkan waktu untuknya dengan deep talk, bertukar cerita, dan mendengarkan keluh kesahnya. Demikian juga sebailknya. Dia akan meluangkan waktu sepenuh hati untuk orang yang disayanginya. 

5. Physical Touc

Orang yang memiliki bahasa cinta ini menggunakan sentuhan fisik untuk mengekspresikan perasaannya. Dia juga butuh untuk dipeluk, digengam tangannya, atau dicium oleh pasangannya untuk merasa benar-benar dicintai. 

 

Bahasa cinta ini bisa juga berubah lho. Kadang seseorang yang punya tipe receiving gift juga ingin dipeluk suatu ketika. Bahasa cinta memang bukanlah rumus pasti dalam sebuah hubungan. Tapi bisa membantu dalam memperlancar komunikasi antara pasangan. Apakah bahasa cinta terbatas untuk pasangan saja? Menurutku tidak. Hubungan dengan teman kerja, saudara, sahabat, bisa langgeng dan baik dengan mengerti bahasa cinta masing-masing. 

Bagaimana cara mengetahui bahasa cintamu? Mudahnya sih bisa mengikuti tes bahasa cinta di sini . Di sana ada pertanyaan-pertanyaan yang bisa kamu jawab dan di akhirnya akan ada hasilnya.

Post a Comment

0 Comments