Bulan Baru, Kebiasaan Baru

 


Bismillah

Alhamdulillah sudah masuk bulan November. Bagaimana bulan oktobermu kemarin teman? bagaimanapun itu, sedihnya, senangnya, maupun serunya bulan Oktober semoga menjadikan kita lebih baik ya. Aamiin.

Bulan ini, InsyaAllah aku mulai merutinkan diri menulis di blog. Targetnya sih sepekan tiga kali. Tanpa mengikuti challenge atau kelas apapun, hanya mengandalkan tekad diri sendiri. Semoga berhasil.

Kenapa? Hanya satu alasan sebenarnya.  Aku rindu menulis. Sudah lama sekali tidak melakukan kegatan ini dengan sepenuh hati.  Alasannya tentu saja karena selama ini sibuk dan tidak bisa meluangkan waktu untuk menulis. Padahal, kalau males ya tetep aja males hahaha..

Sekarang, saat sibuk kerja sudah tidak bisa jadi alasan, aku tahu  akan selalu ada  kesibukan  lain yang bisa kembali mengurungkan niatku  untuk menulis. Tapi sampai kapan begitu terus?  Masih banyak mimpi yang belum tergapai, draft tulisan masih ada yang belum tersentuh, blog yang jarang dibuka, dan banyak ide yang belum juga dieksekusi.

Di awal bulan ini, sudah saatnya aku berbenah. Beberapa kali mencoba menulis di Reading Challenge Odop kemarin, aku merasa sulit sekali merangkai kata-kata seperti dulu. Latihan memang sepenting itu. Apalagi membaca juga sudah sangat jarang kulakukan. Dua buah kesalahan yang kubiarkan saja selama ini. Jarang membaca dan menulis.

Jadi, di pekan terakhir bulan Oktober kemarin, aku mulai mencoba kebiasaan baru yang semoga bisa kuteruskan di bulan ini dan seterusnya.

1.      Membaca  buku setiap hari

Membaca ini kulakukan setiap pagi sebelum aku membuka gawai. Biasanya sambil minum kopi panas sebelum melakukan pekerjaan rumah.  Aku memasang target minimal 5 halaman yang harus kubaca. Memang tidak banyak, tapi menurutku lebih baik sedikit demi sedikit tidak masalah asal aku bisa mengembalikan semangat membacaku lagi.

 

2.      Menulis Jurnal

Menulis ini juga kulakukan setiap pagi sebelum membaca buku. Saat pikiran masih rileks dan tenang. Setiap pagi aku menulis impianku secara detil. Kutuliskan di sebuah buku, kurasakan sepenuh hati sampai aku benar-benar tahu rasanya sudah mencapai semua yang sudah kuimpikan. Ini juga disebut dengan scripting di bahasan Law of Attraction.

 

Setelahnya, biasanya aku membuat to do list yang akan kulakukan hari itu.

 

Untuk menulis blog, sudah mulai kujadwalkan di sore atau malam hari. Tapi belum berani untuk kupasang menjadi target kebiasaan.  Kucoba saja dulu. Beberapa draft sudah mulai kurapikan untuk postingan-postingan berikutnya.  

Dengan membuat target kebiasaan baru, harapanku, aku bisa menata waktu setiap hari dengan jauh lebih baik. Agar tidak lagi ada waktu yang terbuang percuma tanpa ada karya.

 

Kalau kamu, ada kebiasaan baru yang ingin kamu lakukan bulan ini? Cerita yuk!

Post a Comment

0 Comments