Pages

Friday, November 28, 2014

Tanamannya Aca

Belajar dengan tema tanaman itu gampang-gampang susah. Karena sedari awal ingin memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkesan, maka semua yang kami lakukan memang harus learning by doing dan play n learn. Berhubung dengan tanaman, selain mengadakan observasi tanaman atau bermain dan berkreasi memakai media tanaman, kami juga menanam tanaman secara langsung. Nah ini yang susah. Karena tanaman kan tidak bisa langsung besar dan tinggi, jadi sambil menunggu proses tanaman tumbuh bisa membuat Aca bosan dan bahkan lupa.

Untuk observasi tanaman, karena di sekolah tema belajarnya adalah tentang tanaman jahe, maka kami mengamati tumbuhan jahe dari dekat. Syukurnya di depan rumah, uti  memang menanam jahe.

ini dia tanaman jahe nya. Bukan jahe merah. Sepertinya jahe biasa.


 Aku mencabut satu rimpang jahe untuk diperlihatkan sama Aca. Ada akar, batang, daunnya.

Kemudian kami menanamnya kembali bersama-sama.
 
Aca semangat menyirami tanaman jahenya.

Selain itu, kami juga belajar untuk mengamati proses tanaman tumbuh. Agar bisa sedikit menyingkat waktu bagi Aca untuk mempelajarinya, maka kami mengadakan proyek menanam biji-bijian bersama. Dan memang proses dari biji menjadi kecambah dan seterusnya agak lebih cepat dan bisa dipantau oleh Aca sendiri. 

Biji yang kami pilih adalah biji kacang hijau, kacang polong, dan jagung (karena kebetulan di rumah adanya itu). Hanya memakai gelas plastik bekas, kapas dan air saja. Dan mulailah kami mengamati tumbuhnya tanaman. Subhanallah, ciptaan Allah memang sempurna. Dari proses biji menjadi tanaman sungguh luar biasa.

gelasnya dihias dengan stiker warna-warni

hari kedua
 
hari ketiga


hari keempat

hari kelima
 
Yay...tanamannya Aca

Setelah hari kelima, waktunya dipindah ketanah biar barengan sama tanaman jahenya.


Ini dia tanamannya setelah dipindah ke pot. Fotonya cuman ini, waktu proses main tanah dan air gak bisa moto banyak ^_^.


Semoga dengan yang kami lakukan bersama, bisa membuat Aca lebih mengerti. Dan bisa membuat kita lebih bersyukur tentang ciptaan-ciptaan Allah ya Ca..

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Share