Monday, September 28, 2020

PROYEK KEBAIKAN

 


Saat kita mendengar sebuah proyek, apa yang terpikirkan? Pembangunan jalan, bangunan, atau saluran air? (Ini sih berhubungan dengan pekerjaanku banget yak hahaha). Tapi yang ini beda. Bukan proyek pembangunan infrastruktur, tapi proyek kebaikan.

Menurut KBBI, proyek artinya rencana pekerjaan dengan sasaran khusus (pengairan, pembangkit tenaga listrik, dan sebagainya) dan dengan saat penyelesaian yang tegas. Jadi di sini, dalam kata proyek ada dua hal penting yaitu sasaran dan waktu.

Setiap bulan, aku dan teman-teman di grup WhatsApp (yang jumlah anggotanya cuma lima orang) membuat proyek kebaikan. Kegiatannya berbeda  tiap bulan. Setiap awal bulan, kami berdiskusi tentang proyek kebaikan apa yang akan kami sepakati untuk dilakukan. Masing-masing dari kami wajib melaksanakan proyek kebaikan tersebut  sebelum akhir bulan.

Kenapa proyek kebaikan? Untuk mengingatkan kami bahwa kebaikan itu harus dibiasakan. Dan lebih baik lagi direncanakan. Kami membagi proyek kebaikan menjadi dua yaitu proyek kebaikan pribadi dan proyek kebaikan bersama. Proyek kebaikan pribadi ini boleh apa saja, tiap orang bisa berbeda. Tapi untuk proyek bersama, kami menyepakati satu kegiatan yang sama untuk kami lakukan.

Bulan September ini, proyek kebaikan bersama kami adalah dengan mengurangi isi lemari. Seperti yang sudah kuceritakan di sini. Teman-teman yang lain juga melakukan hal yang sama. Dalam jangka satu waktu bulan, kami harus menyelesaikan proyek tersebut dan melaporkannya di grup.

Harus dilaporkan? Harus dong. Terserah deh mau dibilang riya atau sombong, tapi ini cara kami saling belajar, menyemangati dan berbagi satu sama lain. Seperti soal mengurangi isi lemari kemarin, ada satu teman yang mengajak sahabat-sahabatnya untuk membantunya meyortir baju di lemarinya. Naah, sahabat-sahabatnya itu boleh memilih baju yang mereka suka, sebelum yang lain didonasikan. Bukankah itu ide yang  bagus? Aku sendiri tidak kepikiran hal semacam itu lho. Bisa dicontoh kan?

Kalau untuk proyek kebaikan pribadi, bisa apa saja. Disesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan dan keadaan diri sendiri. Bulan ini, proyek kebaikanku adalah dengan berusaha konsisten menulis di blog (dengan mengikuti ODOP ini ). Proyek kebaikan pribadi ini, boleh dilakukan untuk diri sendiri atau untuk orang lain asal bermanfaat. Belajar mencintai diri sendiri, memulai satu kebiasaan baik seperti berolahraga tiap pagi, itu juga sebuah proyek kebaikan. Proyek kebaikan pribadi ini boleh lebih dari satu dalam satu bulan. Tentu saja makin banyak makin baik.

Membuat proyek kebaikan juga membuat kami bersemangat untuk selalu mencari peluang-peluang kebaikan. Hal-hal sederhana seperti mengucapkan terima kasih kepada pekerja umum yang ditemui, memberi makan kucing liar di jalan, atau menulis komentar positif di status teman. Dengan begitu, kapan saja dan di mana saja, otomatis kami akan lebih peka untuk selalu menjadi agen kebaikan. Sekecil apapun perbuatannya.

Karena kalau kita kesulitan menemukan orang baik di sekitar kita, kenapa tidak jadi salah satu di antaranya saja? Menjadi orang baik. 

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#Day22

 

30 comments:

  1. Ide bagus kak.. Kebaikan juga bisa dijadikan project.. Semoga berkah aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar makin semangat. Aamiin. Terima kasih Kak

      Delete
  2. Ah.. Kakak keren.. Semangat terus dalam menebar kebaikan..

    ReplyDelete
  3. "Kenapa tidak menjadi salah satunya saja?" Betuull, memotivasi banget nih kak, hahaa.
    Bisa dicoba kapan2 proyeknya.

    ReplyDelete
  4. Betul, dafipada sibuk mencari lebih baik menjadi

    ReplyDelete
  5. asyik juga nih kak kalo ikutan proyek kebaikan kayak gini, sama aku juga sedang berjuang untuk selesaikan ODOP ini dengan sebaik-baiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbaa. Perjuangan banget ini menyelesaikan ODOP nya.

      Delete
  6. mari kita iku andil menjadi salah satu dari agen proyek kebaikan

    ReplyDelete
  7. Kayaknya proyeknya pingin aku adopsi deh. Manfaatnya banyak, nggak cuma untuk orang lain, tapi diri sendiri juga :)

    ReplyDelete
  8. Kalimat terakhir sangat menarik

    ReplyDelete
  9. Wah, pengembangan idenya keren nih kak :)

    ReplyDelete
  10. Bagus banget kegiatannya, patut ditiru. Untuk membiasakan berkegiatan yang baik meski dari hal sederhana.

    ReplyDelete
  11. Mantap sekali tulisannya kak.. secara tidak langsung akan selalu memberi semangat agar kita selalu menjadi orang baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Salah satu usaha nyenengin Allah nih

      Delete
  12. Keren banget ini idenya! 😃
    Semoga konsisten dalam proyek kebaikannya ya 😊

    ReplyDelete
  13. oh begitu ya dibuat saja proyek ya ... bagus ya Kak ... jadi kepikiran juga proyek ku bulan ini apa saja ya ... kok tabrakan semua dan Alhamdulillah bisa menjalani 1 1 ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Kaak. Semangat untuk bulan Oktober yuuk

      Delete
  14. mantap kak proyek kebaikannyaa. kalo ada proyek yang bisa dilakuin bareng-bareng, bisa dong kak ajak temen-temen odop yang lain:)

    ReplyDelete

Share